IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Bawaslu Banggai Gencar Sosialisasi Pemilu Damai 2024, Rakor Bersama Pimpinan Partai dan Instansi Terkait

883
×

Bawaslu Banggai Gencar Sosialisasi Pemilu Damai 2024, Rakor Bersama Pimpinan Partai dan Instansi Terkait

Sebarkan artikel ini
Bawaslu Banggai Gencar Sosialisasi Pemilu Damai 2024, Rakor Bersama Pimpinan Partai dan Instansi Terkait
Bawaslu Banggai Gencar Sosialisasi Pemilu Damai 2024, Rakor Bersama Pimpinan Partai dan Instansi Terkait

KABAR LUWUK  – Bawaslu Banggai Gencar Sosialisasi Pemilu Damai 2024, Rakor Bersama Pimpinan Partai dan Instansi Terkait. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banggai menggelar rapat koordinasi yang membahas kampanye damai menjelang Pemilu 2024.

Acara ini diawali dengan pembukaan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Banggai, Ridwan, SH, dan dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Ketua KPU Banggai, Kapolres Banggai, Ketua DPRD Banggai, Kajari Banggai, serta perwakilan dari masing-masing pengurus partai politik di Kabupaten Banggai,bertempat di hotel Estrela, Rabu  6/12/2023.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Banggai, Ridwan, SH, menekankan bahwa rapat koordinasi ini difokuskan pada pembahasan mengenai kampanye damai.

Ia menjelaskan bahwa kampanye damai melibatkan peserta pemilu atau pihak lain yang ditunjuk oleh peserta pemilu untuk meyakinkan pemilih dengan menawarkan visi, misi, program, dan citra diri pemilu sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam pasal 1 angka 35.

Ridwan juga menyoroti pentingnya koordinasi yang rutin dilakukan untuk menyatukan persepsi serta mencegah praktik politik uang yang merugikan demokrasi. Ungkapnya.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banggai, Syaifuddin Muid, SH, yang mewakili Bupati Banggai, menjelaskan bahwa tugas pemerintah dalam konteks pemilu adalah menkoordinir penyelenggaraan pemilu dan menyiapkan fasilitas, serta menjaga iklim demokrasi yang sehat dan keamanan. Melalui Kesbangpol Banggai, ia mengajak semua pemilih untuk memilih sesuai dengan pilihan masing-masing tanpa tekanan.

Dengan mengedepankan semangat demokrasi dan kampanye damai, rapat koordinasi ini menjadi langkah strategis dalam menjamin kelancaran dan keberhasilan Pemilu 2024 di Kabupaten Banggai. Pihak-pihak terkait sepakat untuk bersama-sama menjaga integritas pemilu dan menciptakan atmosfer yang kondusif demi terwujudnya proses pemilihan yang adil dan transparan.

Rapat koordinasi ini juga menjadi momentum bagi peserta pemilu dan pihak terkait untuk saling bersinergi dalam menciptakan lingkungan politik yang sehat dan demokratis.

Selain membahas teknis kampanye, pertemuan ini turut menegaskan pentingnya peran aktif seluruh elemen masyarakat dalam memastikan jalannya pemilu secara tertib dan aman.

Ketua KPU Banggai, Santo Gotia  yang turut hadir dalam rapat koordinasi, menegaskan komitmen lembaganya untuk menyelenggarakan pemilu yang transparan dan akuntabel. Ia mengajak partisipasi aktif dari semua pihak, termasuk masyarakat, agar proses demokrasi dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu, Ketua DPRD Banggai menyampaikan apresiasi atas upaya Bawaslu dalam mengoordinasikan persiapan pemilu. Ia menekankan pentingnya kerjasama antara lembaga pengawas pemilu, penyelenggara pemilu, dan partai politik untuk menciptakan pemilu yang adil dan bermartabat.

Di sisi lain, perwakilan partai-partai politik yang hadir juga memberikan masukan dan komitmen untuk menjaga suasana kampanye yang damai. Mereka berjanji untuk mengedepankan dialog dan debat ide sebagai sarana untuk memenangkan hati pemilih, tanpa resort ke tindakan yang dapat merusak integritas pemilu.

Rapat koordinasi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam membangun kesadaran bersama akan pentingnya pemilu damai dan demokratis. Dengan dukungan semua pihak, Pemilu 2024 di Kabupaten Banggai diharapkan dapat menjadi contoh pelaksanaan demokrasi yang berkualitas, adil, dan transparan. **

Penulis  : Imam Muslik  ( Jurnalis Luwuk )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!