IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Aplikasi Canva Solusi Jitu Guru Era Digital

297
×

<strong>Aplikasi </strong><strong>Canva Solusi Jitu Guru Era Digita</strong><strong>l</strong>

Sebarkan artikel ini

KABAR LUWUK, BANGGAI  – Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi khususnya media pembelajaran bahasa inggris saat ini cukup pesat dengan adanya berbagai macam aplikasi yang dapat diunduh dan digunakan dan proses pengajaran di sekolah. Guru yang merupakan fasilitator di dalam kelas perlu belajar menggunakan berbagai macam aplikasi agar dapat menyesuaikan diri dengan perubahan.

Pada saat pandemi terjadi, pergeseran cara mengajar dan media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa inggris berkembang dengan pemanfaatan teknologi berupa aplikasi yang mampu menjadi solusi untuk keberlangsungan proses belajar dan mengajar. Keterampilan guru dalam menggunakan teknologi menjadi tuntutan pekerjaan yang perlu dikembangkan dan dilatih secara terus menerus agar guru dapat beradaptasi dengan situasi terkini dalam dunia pendidikan sekaligus membantu siswa untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan mengenai teknologi dan penggunaanya.

Guru bahasa inggris yang merupakan salah satu sumber daya manusia terdepan dalam proses meningkatkan kemampuan siswa, dapat memanfaatkan teknologi untuk memfasilitasi pemenuhan tugas mulai dari persiapan hingga evaluasi pembelajaran. Dalam proses persiapan, guru dapat memilih media atau aplikasi yang sesuai dengan keterampilan dan kebutuhan siswa dalam meningkatkan keterampilan berbahasa inggris.

Peran teknologi komunikasi dan informasi merupakan sarana untuk mempermudah tugas guru dalam menyampaikan informasi, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat mengatasi permasalahan pembelajaran sekaligus dapat membantu guru dan siswa mencapai tujuan pembelajaran

Pada saat ini terdapat berbagai macam aplikasi pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengajar bahasa inggris. Beragamnya aplikasi tersebut membuat sebagian guru memerlukan serangkaian pertimbangan dalam memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan tujuan pembelajaran bahasa inggris dan kebutuhan siswa.

Selain itu, guru juga perlu mengetahui manfaat aplikasi dalam pembelajaran agar materi yang disampaikan dapat diterima secara untuh serta mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam berbahasa inggris.

Salah satunya yakni Aplikasi Canva. Canva merupakan aplikasi yang hadir dalam ramainya dunia teknologi. Aplikasi ini merupakan program desain online yang menyediakan bermacam desain diantaranya presentasi, resume, poster, pamflet, brosur, grafik, infografis, spanduk, dan jenis lainnya yang tersedia dalam aplikasi canva. Dalam pemanfaatannya untuk membat media ajar, Canva menyediakan jenis jenis presentasi, salah satunya adalah presentasi dalam pendidikan. Untuk menggunakan Canva, aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis di playstore.

Anti, salah seorang guru Bahasa Inggris di sekolah menengah pertama Ternama Di kabupaten banggai merasa sangat terbantukan dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan apliaksi tersebut. Iya,kami sebagai guru merasa sangat terbantu dengan hadirnya aplikasi tersebut , apalagi dikala momen Pandemi kemrin yang membuat kami harus ekstra dalam menyajikan materi kepada siswa siswi kami sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan seperti biasa, Ungkapnya.

Sampai saat ini pun apliaksi tersbut masih ia gunakan sebagai media alternatif pembelajaran, alasanya di tengah pesatnya kemajuan teknologi di era digitalisasi ia memandang perlu untuk membiasakan siswa siswinya untuk terbiasa mengunakan apliaksi tersebut sebagai media ajar di era ini. Ia juga menyarankan kepada pemerintah daerah lewat Dinas Terkait untuk memberikan pemahaman kepada Para Guru/Tenaga Pengajar lebih terbiasa lagi dalam menggunakan Aplikasi-aplikasi yang bisa membantu dalam proses belajar mengajar di sekolah mereka. Tutupnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!