IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Antrian Panjang di Polres Banggai untuk Urus SKCK dan Sidik Jari

1647
×

Antrian Panjang di Polres Banggai untuk Urus SKCK dan Sidik Jari

Sebarkan artikel ini
Lulus PPPK, Pemohon SKCK dan Sidik Jari di Polres Banggai Membludak
Lulus PPPK, Pemohon SKCK dan Sidik Jari di Polres Banggai Membludak

KABAR LUWUK  -Antrian Panjang di Polres Banggai untuk Urus SKCK dan Sidik Jari.  Sejak dua hari terakhir, ruangan pelayanan SKCK dan Sidik Jari di Polres Banggai menjadi pusat perhatian masyarakat.

Antusiasme ini terutama berasal dari para tenaga kesehatan yang baru saja dinyatakan lulus sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) setelah perayaan Natal 2023.

Menurut Kasi Humas Polres Banggai, IPTU Al Amin S. Muda, kantor polisi tersebut telah menjadi destinasi rutin bagi warga setempat.

“Kemarin hingga hari ini Polres Banggai ramai dikunjungi, sekitar seratusan orang perharinya, untuk mengurus SKCK maupun Sidik Jari,” ujar Al Amin.

Dokumen yang dibutuhkan untuk proses pembuatan SKCK pun dijelaskan oleh Al Amin. Calon pemohon diharuskan menyediakan fotokopi KTP, fotokopi akta kelahiran atau surat kenal lahir atau ijazah atau surat nikah (pilih salah satu), fotokopi Kartu Keluarga (KK), dan sidik jari.

Selain itu, pas foto 4×6 sebanyak 6 lembar dengan latar belakang merah, menggunakan pakaian sopan dan berkerah, menjadi syarat wajib. Bagi yang menggunakan hijab, wajah harus tampak secara utuh.

Adapun jam operasional pelayanan di Polres Banggai adalah pada hari kerja, Senin-Jumat, mulai pukul 08.00 WITA hingga 15.00 WITA.

Meskipun demikian, jumlah masyarakat yang berduyun-duyun untuk mendapatkan layanan kepolisian tidak membuat pelayanan menjadi terhambat. Al Amin menegaskan,

 “Perintah Pimpinan untuk tetap memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, meskipun membludaknya minat masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kepolisian.”

Untuk memperoleh SKCK, masyarakat juga perlu mempersiapkan biaya sebesar Rp. 30.000 untuk penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Meski ada biaya terkait, hal ini tidak mengurangi semangat masyarakat, terutama para tenaga kesehatan, untuk memenuhi persyaratan administratif yang dibutuhkan.

Antusiasme ini mencerminkan pentingnya SKCK dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, terutama bagi para pekerja yang baru saja memasuki dunia kerja.

Dengan penuh semangat, masyarakat terus mendatangi Polres Banggai guna memastikan dokumen-dokumen mereka lengkap, sehingga mereka dapat melanjutkan perjalanan karier mereka dengan aman dan terpercaya.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!