IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Antisipasi Pilkada 2024, Ini Harapan Presma Untika Luwuk

186
×

Antisipasi Pilkada 2024, Ini Harapan Presma Untika Luwuk

Sebarkan artikel ini

KABAR LUWUK – Antisipasi Pilkada 2024, Ini Harapan Presma Untika Luwuk. Pesta demokrasi tahun 2024 di Indonesia semakin mendekati, khususnya dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak yang akan menjadi momen krusial bagi Kabupaten Banggai. Sabtu 29/6/2024.

Pilkada ini diharapkan dapat menciptakan pemimpin yang mampu mewakili aspirasi masyarakat dengan baik. 

Organisasi kampus seperti BEM UNTIKA turut aktif dalam menanggapi isu-isu terkait pilkada.

Menurut Presma Untika, pendidikan menjadi fokus penting dalam program ke depan yang ditawarkan calon-calon kepala daerah. 

Meskipun banyak calon menyoroti program-program lain, namun penting untuk diingat bahwa pendidikan memiliki peran krusial dalam menyelesaikan berbagai persoalan masyarakat.

Dalam konteks ini, peran kampus tidak hanya terbatas pada penyediaan ilmu teoritis, tetapi juga praktik lapangan dan pembelajaran berbasis masalah yang menjadi bagian integral dari kurikulum. 

Masalah pendidikan di Banggai mencakup berbagai aspek seperti kekurangan pendidik, keterbatasan finansial siswa, dan kurangnya fasilitas sekolah, yang menjadi tantangan utama bagi pembangunan pendidikan yang merata di daerah ini.

Kabupaten Banggai, dengan keberadaan industri-industri besar seperti migas, nikel, galian C, dan kelapa sawit, memiliki potensi besar untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor industri. 

Namun, tantangan terbesar yang dihadapi adalah kurangnya lapangan kerja yang terkait dengan peningkatan industri tersebut.

Optimasi program pendidikan dan Corporate Social Responsibility (CSR) diharapkan dapat mempersiapkan SDM Banggai agar siap menghadapi kebutuhan industri ini.

Dandi Abidina dari Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (ILMISPI) menggarisbawahi pentingnya menghindari narasi perpecahan yang merajalela menjelang Pilkada. 

Maraknya akun-akun palsu dan disinformasi di media sosial dapat memperbesar celah perpecahan di masyarakat. 

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat Banggai untuk lebih bijak dalam menyikapi isu-isu yang muncul selama periode kampanye dan pemilihan.

Dengan berbagai tantangan dan peluang yang ada, masyarakat Banggai diharapkan dapat bersatu dan menjaga persaudaraan demi menciptakan Pilkada yang damai dan demokratis. 

Pemilihan nantinya diharapkan menghasilkan pemimpin yang tidak hanya cerdas dan berwawasan luas, tetapi juga peduli akan kebutuhan masyarakat secara menyeluruh.

Jangan bagikan info sensitif. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!