IMIP < Bawaslu-ads
Banggai KepulauanKABAR DAERAH

141 Desa di Bangkep Terima Dana Desa Tahap Pertama: Langkah Menuju Kesejahteraan

793
×

141 Desa di Bangkep Terima Dana Desa Tahap Pertama: Langkah Menuju Kesejahteraan

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bangkep, Muhammad Aris Susanto, SE., ME.,
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bangkep, Muhammad Aris Susanto, SE., ME.,

KABAR LUWUK  – 141 Desa di Bangkep Terima Dana Desa Tahap Pertama, Langkah Menuju Kesejahteraan. Sebanyak 141 desa di Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) telah melangkah maju menuju kesejahteraan setelah menerima Dana Desa tahap pertama pada tahun 2024.

Penyaluran dana ini, yang mencakup Dana Desa Non-Earmark sebesar 40% dan Dana Desa Earmark untuk BLT, Ketahanan Pangan, dan Stunting sebesar 60%, dilakukan melalui Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OM SPAN) oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Banggai pada Kamis, 13 Juni 2024.

Menurut data OM SPAN, total Dana Desa Non-Earmark 40% tahap pertama yang sudah disalurkan ke 141 desa mencapai Rp. 22.767.227.600, sementara total Dana Desa Earmark 60% tahap pertama yang sudah disalurkan ke 141 desa sebesar Rp. 30.950.749.800.

Proses alokasi dana ini menjadi bagian dari upaya pemerintah Kabupaten Bangkep melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di 141 desa tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bangkep, Muhammad Aris Susanto, SE., ME., menyatakan bahwa sejak Jumat, 14 Juni 2024, proses penyaluran dan transfer Dana Desa Non-Earmark 40% dan Earmark 60% tahap pertama telah selesai atau tuntas disalurkan pada 141 desa di Kabupaten Bangkep.

 Aris Susanto juga mengungkapkan bahwa total pagu anggaran Dana Desa tahap pertama untuk bulan Januari, Februari, dan Maret 2024 yang sudah disalurkan atau ditransfer ke rekening masing-masing desa mencapai Rp. 108.294.546.000, dengan rincian Dana Desa Non-Earmark 40% sebesar Rp. 22.767.227.600 dan Dana Desa Earmark 60% sebesar Rp. 30.950.749.800.

Keberhasilan dalam penyaluran Dana Desa dan BLT ini mencerminkan komitmen pemerintah daerah Kabupaten Bangkep untuk memastikan alokasi anggaran yang tepat waktu dan efisien. Aris Susanto berharap langkah-langkah ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa di Kabupaten Bangkep, Sulawesi Tengah, serta membuka peluang pembangunan lebih lanjut di wilayah tersebut.

“Penyaluran Dana Desa ini sangat penting untuk mendukung berbagai program pembangunan dan kesejahteraan di desa-desa. Kami berharap dana ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat,” ujar Aris Susanto.

Dengan dana yang telah disalurkan, desa-desa di Kabupaten Bangkep diharapkan dapat meningkatkan berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk kesehatan, pendidikan, dan ekonomi, sehingga mampu mencapai kesejahteraan yang lebih baik dan berkelanjutan. ( RSM) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!