IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Wakil Bupati Banggai Pimpin Rakor Percepatan Akses Keuangan Daerah Kabupaten Banggai

244
×

Wakil Bupati Banggai Pimpin Rakor Percepatan Akses Keuangan Daerah Kabupaten Banggai

Sebarkan artikel ini

KABAR LUWUK, BANGGAI  –  Bagian Perekonomian  Setretriat Kabupaten Banggai gelar rapat koordinasi tim percepatan Akses Keuangan Daerah Kabupaten Banggai, rakor dilaksanakan di ruang Rapat Umum Setda  Banggai,  Jum’at  16/12/2022.

Wakil Bupati Banggai Drs. H. Furqanuddin Masulili didampingan Asissten II  Perekonomian  dan Pembangunan Setda Banggai, Ir. Ferlin Monggesang serta Kasubab Perekonomian setda Banggai, Jamaluddin, SH  memimpin Rapat Koordinasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Kabupaten Banggai.

Bupati Banggai, Ir. H. Amiruddin Tamoreka, MM meyampaikan Sambutan yang dibacakan oleh Wakil Bupati Banggai Drs. Furqanuddin Masulili mengatakan  bahwa saya perlu ingatkan kembali salah satu tugas kita dalam tim percepatan akses keuangan daerah adalah menghadiri rapat koordinasi dan melaksanakan program akses keuangan yang ditetapkan oleh masing masing satuan kerja sesuai dengan lingkup tugas dan kewenangan masing masing.

Dasar pembentukan tim percepatan akses keuangan daerah adalah surat edaran menteri dalam negeri nomor 900/7105/SJ tentang pembentukan tim percepatan akses keuangan daerah tanggal 15 Desember 2021 , yang mana tujuan pembentukan adalah dalam rangka percepatan akses keuangan di daerah , mendukung pertumbuhan ekonomi , meningkatkan kesejahteraan masyarakat , mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas luasnya kepada masyarakat , mendorong adanya aliansi strategi dan peran serta satuan kerja perangkat daerah , perwakilan kementerian / lembaga di daerah , lembaga jasa keuangan dan pemangku kepentingan terkait perluasan akses keuangan di daerah , serta mendukung program pemerintah dalam upaya meningkatkan tingkat literasi dan inklusi keuangan di Indonesia .

Pada kesempatan rakor kali ini kata Wabup , fokus kita adalah pada program kerja tim percepatan akses keuangan daerah ( TPAKD ) Kabupaten Banggai.

Sebagai referensi program kerja TPAKD sesuai surat edaran Mendagri sbb ;

1. Program satu rekening satu pelajar

2. Program tabungan simpan pelajar

3. Program kredit pembiayaan melawan rentenir

4. Program lainnya seperti bank wakaf mikro , asuransi mikro , asuransi usaha tani padi , asuransi usaha ternak sapi , obligasi daerah , kredit usaha rakyat , tabungan emas , sistem resi gudang dan program program lainnya .

Dari program kerja yang telah saya sebutkan tadi , sudah jelas menggambarkan tugas tugas kita dalam mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan akses keuangan di daerah , untuk itu tim percepatan akses keuangan daerah yang telah di bentuk di kabupaten Banggai agar segera mengambil langkah langkah dalam merealisasikan program kerja sesuai dengan bidang , tugas dan kewenangan masing masing. Tutup Wakil Bupati Banggai.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!