IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Upaya PT DSLNG Lahirkan Operator LNG Kelas Dunia Melalui Program OPA 2022

248
×

Upaya PT DSLNG Lahirkan Operator LNG Kelas Dunia Melalui Program OPA 2022

Sebarkan artikel ini
Upaya PT DSLNG Lahirkan Operator LNG Kelas Dunia Melalui Program OPA 2022. (Foto : Irwan K Basir/KL)

Penulis : Irwan K Basir

KABAR LUWUK, BANGGAI – Upaya menciptakan sumber daya manusia berupa operator Liquefied Natural Gas (LNG) terus dilakukan Donggi Senoro Liquefied Natural Gas (DSLNG).

Pada tahun ke dua ini, DSLNG kembali melaksanakan Operator Program Apprenticeship (OPA) 2022 atau Program Pemagangan Operator.

Upaya PT DSLNG Lahirkan Operator LNG Kelas Dunia Melalui Program OPA 2022

Program ini menyasar para talenta muda dari Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, yang ingin mengembangkan bakat dan keterampilan khususnya di bidang teknik operasi Kilang LNG.

Para peserta program sebelumnya melewati rangkaian proses seleksi yang ketat, enam peserta yang terpilih dari 170 pendaftar diberangkatkan untuk mengikuti pelatihan intensif di Pusat Pelatihan PT Petrotekno di Ciloto, Jawa Barat.

Setelah menyelesaikan pelatihan intensif yang kebetulan pada tahun ini mengalami percepatan, para peserta OPA 2022 akan melewati proses pelatihan kerja di Kilang PT DSLNG.

Upaya PT DSLNG Lahirkan Operator LNG Kelas Dunia Melalui Program OPA 2022

Human Resources Development Manager PT DSLNG Tommy Arihandono, menyebutkan OPA 2022 akan memberikan pengalaman belajar dan praktek yang bermanfaat bagi para peserta dalam mendapatkan pengetahuan khususnya menjadi oprerator teknik operasi Kilang LNG.

Enam Talenta Muda Kabupaten Banggai Jalani Proram OPA 2022

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Banggai, Ernaeni Mustatim pada penutupan OPA 2022 menyampaikan bahwa kegiatan tersebut mendapat dukungan positif dari Bupati Banggai.

“Besar harapan kami program ini bisa terus dijalankan karena dapat menambah pengetahuan masyarakat lokal terkait sistem operasi kilang LNG,” Ujarnya.

Bupati Banggai berharap, kata Ernaeni, dengan adanya OPA DSLNG 2022, perusahaan migas bisa merekrut tenaga kerja lokal sehingga anak daerah tidak menjadi tamu di rumah sendiri.

Betantyo Madyantoro selaku Operation Director DSLNG menyampaikan program OPA 2022 merupakan program yang sudah berjalan selama ini di perusahaan penghasil 2 juta ton LNG per tahun itu.

Upaya PT DSLNG Lahirkan Operator LNG Kelas Dunia Melalui Program OPA 2022

Program ini merupakan bentuk kepedulian PT Donggi Senoro LNG atau DSLNG, kepada lingkungan masyarakat sekitar tempat beroperasi. Program OPA diselenggarakan terbuka bagi putra/putri terbaik dari Kabupaten Banggai dengan lulusan minimum Diploma 3 jurusan Teknik.

Para peserta OPA 2022 kepada media ini mengaku sangat senang bisa terpilih dan menjalani program OPA 2022. Banyak ilmu dan pengalaman yang mereka dapatkan sekaligus dapat mempraktekannya dalam dunia kerja setelah melewati pelatihan Pemagangan Operator ini. (IKB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!