IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Upacara Peringatan Hari Patriotik 12 Februari 1942 Dipimpin Bupati Banggai

207
×

Upacara Peringatan Hari Patriotik 12 Februari 1942 Dipimpin Bupati Banggai

Sebarkan artikel ini

KABAR LUWUK, BANGGAI – Bupati Banggai Amirudin memimpin upacara peringatan Hari Patriotik 12 Februari 1942 tahun 2023 yang digelar di Lapangan Gelora 12 Februari, Kecamatan Pagimana, Minggu (12/2/2023).

Sejak 2018, Pemerintah Kabupaten Banggai rutin memperingati Hari Patriotik dalam balutan Festival Gelora Pagimana. Beragam kegiatan dilakukan untuk memeriahkan festival tersebut.

Dalam pidatonya, Bupati Amirudin mengatakan, seremoni Hari Patriotik dilaksanakan untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan, sekaligus menggugah semangat kebangsaan, yaitu semangat seluruh rakyat untuk mencintai dan membangun bangsa dan tanah air Indonesia.

“Peristiwa 12 Februari 1942 patut dikenang setiap tahun, untuk mengingatkan serta membangkitkan semangat patriotik kita dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan,” ujar Bupati Banggai.

Selain itu, Bupati berharap, momen Hari Patriotik semakin mempererat kebersamaan, kekeluargaan, dan silaturahmi sesama masyarakat Kabupaten Banggai.

Masalah perbedaan pandangan, menurutnya, tidak boleh membuat masyarakat terpecah belah, tetapi harus bisa diterima sebagai keniscayaan.

“Bagi saya kita boleh berbeda dalam berbagai sudut pandang untuk membangun daerah ini, tapi jangan karena perbedaan itu, tali silaturahmi kita harus diputuskan,” kata Bupati Amirudin.

Siang itu, Lapangan Gelora 12 Februari mendadak jadi medan tempur. Pentas perjuangan rakyat Pagimana melawan penjajah direfleksikan pada momen tersebut. Tarian kolosal pun turut menghibur masyarakat yang datang.

Bupati Amirudin mengungkapkan kekagumannya atas semangat masyarakat Pagimana dalam merayakan Hari Patriotik.

“Hati saya selalu bergetar dan bangga. Saya menangkap nuansa kegembiraan dan kesukacitaan masyarakat di wilayah ini dalam kegiatan-kegiatan yang dihelat, event seni budaya yang digelar, maupun kreasi lingkungan yang makin apik dan semarak,” kata Bupati Amirudin.

Sehari sebelumnya, Bupati Amirudin dan Wakil Bupati Furqanuddin Masulili bersama pejabat Forkopimda, ASN lingkup Pemkab Banggai dan masyarakat Kabupaten Banggai melakukan napak tilas Hari Patriotik dari Markas Kodim 1308/LB.

Berjalan kaki menempuh jarak sekitar 64 kilometer, para peserta napak tilas disambut meriah di Lapangan Gelora 12 Februari, Kecamatan Pagimana. ( DKISP Banggai ) ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!