IMIP < Bawaslu-ads
Banggai KepulauanKABAR DAERAH

TPK Cegah Stunting, Kolaborasi BKKBN dan DP3AP2KB Kabupaten Bangkep

162
×

TPK Cegah Stunting, Kolaborasi BKKBN dan DP3AP2KB Kabupaten Bangkep

Sebarkan artikel ini
BKKBN Sulteng, DP3AP2KB Banggai Kepulauan, dan Penyuluh KB Gelar Orientasi Tim Pendamping Keluarga untuk Percepatkan Penurunan Stunting
BKKBN Sulteng, DP3AP2KB Banggai Kepulauan, dan Penyuluh KB Gelar Orientasi Tim Pendamping Keluarga untuk Percepatkan Penurunan Stunting

KABAR LUWUK – TPK Cegah Stunting, Kolaborasi BKKBN dan DP3AP2KB Kabupaten Bangkep. Kegiatan Orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah, bekerja sama dengan Dinas P3AP2KB Kabupaten Banggai Kepulauan dan Balai Penyuluh KB Kecamatan Liang serta Balai Penyuluh KB Kecamatan Bulagi Selatan, telah sukses digelar di BPU Kecamatan Liang dan Bulagi Selatan pada tanggal 5 dan 6 Maret 2024.

Acara ini diawali dengan pembukaan oleh Camat masing-masing wilayah, dilanjutkan dengan pengarahan dari Kepala Dinas P3AP2KB, Moh. Adnan Datu Adam, yang juga bertindak sebagai narasumber.

Materi yang disampaikan mencakup gambaran umum kondisi terkini terkait upaya percepatan penurunan stunting di wilayah Kabupaten Banggai Kepulauan, serta pembaruan komitmen antara anggota TPK dan pihak terkait di desa wilayah masing-masing.

Tujuan dari acara ini adalah untuk memperkuat kekompakan dan kemampuan tim dalam berkomunikasi, serta mereview sekali TPK dalam bekerja dan melaporkan hasilnya melalui jalur koordinasi yang tersedia, termasuk melalui Sistem Informasi Keluarga (SIGA).

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir pejabat fungsional Bidang Kesejahteraan Keluarga dan Bidang Dalduk Dinas P3AP2KB Kabupaten Banggai Kepulauan, Koordinator Penyuluh Balai Kecamatan Liang dan Bulagi Selatan, serta PLKB wilayah masing-masing sebagai pendamping kegiatan.

Orientasi TPK di Kecamatan Liang dan Bulagi Selatan dilaksanakan dengan tujuan agar TPK desa lebih fokus dalam bekerja dan dapat mencapai target yang diberikan oleh TPPS Kabupaten Banggai Kepulauan, yaitu menekan prevalensi stunting.

Data terkini menunjukkan penurunan angka stunting dari 22% pada tahun 2022 menjadi sekitar 18% pada tahun 2023, menurut data e-ppgbm.

Diharapkan angka prevalensi tahun 2023 yang akan dirilis dalam waktu dekat akan sesuai dengan harapan.

Kegiatan orientasi TPK ini juga akan dilaksanakan di seluruh kecamatan lain sesuai jadwal yang telah dibagikan kepada masing-masing Balai Penyuluh Kecamatan.

Acara ini direncanakan berlangsung selama sepekan penuh hingga tanggal 9 Maret 2024. ( RSM)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!