IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Sosialisasi dan BimTek Penyelenggaraan Informasi Geospasial Membangun Pemerintahan yang Bersih dan Efisien

135
×

Sosialisasi dan BimTek Penyelenggaraan Informasi Geospasial Membangun Pemerintahan yang Bersih dan Efisien

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Banggai Buka Sosialisasi dan BimTek Penyelenggaraan Informasi Geospasial Membangun Pemerintahan yang Bersih dan Efisien

KABAR LUWUK¬† –¬† Sosialisasi dan BimTek Penyelenggaraan Informasi Geospasial Membangun Pemerintahan yang Bersih dan Efisien. Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanuddin Masulili, M.M., membuka kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis penyelenggaraan informasi geospasial di Ruang Rapat Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Banggai pada hari Selasa (11/07/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian Kabupaten Banggai dan diikuti oleh 25 orang peserta dari masing-masing operator Organisasi Perangkat Daerah.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Bupati H. Furqanuddin, Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, M.M., menyatakan bahwa kegiatan sosialisasi mengenai geospasial ini merupakan hal baru bagi daerah Kabupaten Banggai.

Meskipun ilmu ini telah lama ada, namun perlu dikembangkan mengingat tuntutan era sekarang. Bupati Banggai berharap agar semua peserta hadir mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan serius, karena hal ini sangat dibutuhkan.

Pemerintah Kabupaten Banggai, melalui Wakil Bupati Furqanuddin, menyambut baik dan memberikan apresiasi tinggi kepada Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian Kabupaten Banggai yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada narasumber dari Badan Informasi Geospasial (BIG) yang akan memberikan materi dalam kegiatan tersebut.

Wabup berharap bahwa kegiatan ini dapat membangun sumber daya manusia dalam mendukung program Pemerintah Daerah, terutama dalam tata-kelola pemerintahan yang bersih dan pelayanan publik yang semakin cepat.

Kepala Bidang Statistik Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banggai, Nurma Yanthi, S.E., M.M., menyebutkan dalam laporannya bahwa kegiatan ini diikuti oleh 25 orang operator Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari, tanggal 11-12 Juli 2023, di Ruang Rapat Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Banggai.

Geospasial merupakan aspek keruangan yang menunjukkan lokasi, letak, dan posisi suatu objek atau kejadian di atas, pada, atau di bawah permukaan bumi dalam sistem koordinat.

Geospasial data adalah informasi berupa titik koordinat suatu tempat atau lokasi tertentu, yang meliputi alamat, waktu, lokasi, kode pos, dan sebagainya. Data geospasial memiliki berbagai macam jenis data, termasuk consumer spending, footprints, data demografis, dan lain-lain.

Data tersebut dapat digunakan untuk berbagai analisis, seperti pemilihan lokasi industri ritel, perencanaan perkotaan untuk kebutuhan pemerintahan dan publik, dan lain sebagainya.

Pada acara pembukaan sosialisasi tersebut, hadir juga Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banggai, Lesmana P. Kulab, S.Kom., Koordinator Pengelolaan Data dan Informasi Geospasial/Surveyor Pemetaan Madya, Syamsul Hadi, S.T., M.Si., Reni Setyowati, S.T., M.T.I. (Pranata Komputer Muda), Agri Kristal, S.T., M.Eng. (Surveyor Pemetaan Muda), Dhaniswara Wiradharma, S.Si. (Surveyor Pemetaan Pertama), serta beberapa undangan lainnya.

Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan membangun kapasitas sumber daya manusia dalam pemerintahan Kabupaten Banggai. ( *)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *