IMIP < Bawaslu-ads
Banggai KepulauanKABAR DAERAH

PUPR Bangkep Dapat 29 Milyar DAK Dan 13,5 Milyar DAU 2023

428
×

PUPR Bangkep Dapat 29 Milyar DAK Dan 13,5 Milyar DAU 2023

Sebarkan artikel ini

KABAR  LUWUK, BANGKEP –  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banggai Kepulauan(Bangkep) tahun ini kembali mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 29 miliar dari Pemerintah Pusat.Dan mendapatkan anggaran Dana  Alokasi Umum (DAU) APBD murni Bangkep  tahun ini sebesar 13,5 milyar.

“Dua sumber dana tersebut diperuntukan untuk program  peningkatan dan rehabilitasi  pengaspalan jalan  dalam kota salakan dan luar kota salakan ” ujar Kepala bidang Bina marga Dinas PUPR bangkep Ahmad Arba ST Rabu (22/2/23).

Menurut  Ahmad Arba, ada empat proyek jalan peruntukan DAK yang dialokasikan oleh Pemerintah Pusat. Pertama, kata dia, ditujukan untuk perbaikan dan peningkatan ruas jalan kota salakan  ke desa kautu kecamatan tinangkung  diangarkan sebesar 8 milyar,pekerjaan pengaspalan ruas jalan  Desa kautu   sampai desa palam dianggarkan 2 milyar,pekerjaan pengaspalan ruas jalan Desa Bangunemo Kecamatan Bulagi sebesar 9 milyar dan pengaspalan ruas jalan Kecamatan Tataba 8 milyar.empat paket DAK tersebut sudah dalam proses tender diULP.

Lanjut kata dia anggaran DAU 13,5 milyar diperuntukan pada pekerjaan fisik  pengaspalan  akses  jalan  pasar baru desa tompudau  dan pengaspalan ruas jalan tanah merah  dalam kota salakan ,pengaspalan Pas jalan Desa Sampekonan sebesar 891 juta.

Dan pengaspalan akses jalan desa palam Kecamatan Tinangkung Utara sampai Desa Salangano. Kecamatan Totikum sebesar Rp.1,3 milyar.sementara pekerjaan fisik lainnya adalah pekerjaan PL penujukan  langsung antara lain pekerjaan  pembuatan plat deker, pekerjaan riol.

Dinas PUPR Bangkep tahun ini  kata Ahmad Arba dana DAK yang didapat  alhamdulilah besar yang didapat 29 milyar  pada tahun 2022 lalu hanya 6 milyar yang diberikan oleh pemerintah pusat.

Untuk aggaran DAU APBD murni Bangkep  tahun  ini, kami diberikan  pagu sebesar 13,5 milyar  ada peningkatan dibandingkan pada  anggaran DAU apbd murni 2022 lalu dinas Pupr hanya diberikan pagu 6 Milyar.

Dia berharap pada lancar DPRD Bangkep sebagai mitra kerja pemerintah daerah dapat  memberikan dukungan anggaran  perjalanan dinas luar daerah pada dinas pupr untuk memcari anggaran  pemerintah pusat  dalam  program pembangunan sarana dan prasarana jalan yang ada di Kabupaten Bangkep  paparnya.( RS) ***

Penulis  : Ramly  Summa

Editor   :  Imam Muslik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!