IMIP < Bawaslu-ads
KABAR NASIONAL

PT Pertamina EP Prabumulih Field Lestarikan Gajah Sumatera di Taman Wisata Alam Isau-Isau

334
×

PT Pertamina EP Prabumulih Field Lestarikan Gajah Sumatera di Taman Wisata Alam Isau-Isau

Sebarkan artikel ini
PT Pertamina EP Prabumulih Field Lestarikan Gajah Sumatera di Taman Wisata Alam Isau-Isau
PT Pertamina EP Prabumulih Field Lestarikan Gajah Sumatera di Taman Wisata Alam Isau-Isau

KABAR LUWUK  – PT Pertamina EP Prabumulih Field Lestarikan Gajah Sumatera di Taman Wisata Alam Isau-Isau. PT Pertamina EP (PEP) Prabumulih Field Regional Sumatera Subholding Upstream Pertamina, meresmikan gudang pakan, perlengkapan dan peralatan Gajah Sumatera di Taman Wisata Alam (TWA) Isau- Isau, Kabupaten Lahat, Kamis (01/02).

Acara ini merupakan salah satu bentuk realisasi kegiatan kerja sama antara PEP Prabumulih Field dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan, Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Kerja sama tersebut merupakan upaya penguatan fungsi kawasan dan konservasi keanekaragaman hayati di Wilayah Kerja Seksi Konservasi Wilayah II Lahat BKSDA Sumatera Selatan periode 2020-2025.

Acara dihadiri langsung oleh General Manager Zona 4, Djujuwanto, dan didampingi langsung oleh Senior Manager Prabumulih Field, Jemy Oktavianto, beserta jajaran manajemen Pertamina Hulu Rokan (PHR) Regional Sumatera Zona 4, manajemen BKSDA Sumatera Selatan, Kepala Desa Ulak Pandan dan Kepala Desa Padang Baru.

General Manager Zona 4, Djujuwanto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan kerja sama ini untuk mendukung BKSDA Sumatera Selatan dalam melestarikan flora dan fauna di Hutan Isau-Isau khususnya Gajah Sumatera yang kini keberadaannya terancam punah. Selain itu, ini merupakan bentuk tanggung jawab kami terhadap sosial dan lingkungan secara berkelanjutan demi mewujudkan masyarakat yang berdikari.

Djujuwanto juga menyampaikan harapan kepada pihak BKSDA dan pemerintah setempat agar kerja sama ini membuahkan hasil yang baik dalam upaya pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati. “Mari bersama-sama menjaga keanekaragaman hayati di TWA Isau-Isau ini sehingga kita bisa berkontribusi dalam pencegahan kepunahan Gajah Sumatera,” pungkas Djujuwanto.

PEP Prabumulih Field telah berkomitmen melalui perjanjian kerja sama ini untuk jangka waktu 5 (lima) tahun terhitung sejak 2020. Adapun sumbangsih PEP Prabumulih Field yang telah terealisasi hingga saat ini mencapai Rp1,2 Miliar dengan rincian berupa material pendukung kesehatan gajah berupa suplemen atau pakan tambahan, obat-obatan dan vitamin, peningkatan kapasitas SDM, pembangunan infrastruktur pendukung berupa kantor, gedung, information center, sumur, instalasi air, gazebo dan MCK.

Konservasi Gajah Sumatera di TWA Isau-Isau menjadi salah satu bentuk program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PEP Prabumulih Field yang fokus pada isu biodiversitas. Tidak hanya itu, komitmen PEP Prabumulih Field dalam melaksanakan program TJSL-nya juga tercermin dari program-program pemberdayaan masyarakat di wilayah lain yang juga fokus pada isu pemanfaatan limbah, ketahanan pangan, pemberdayaan perempuan dan anak disabilitas serta isu pariwisata berkelanjutan.

Dengan komitmen ini, PEP Prabumulih Field berhasil memperoleh berbagai penghargaan di tingkat lokal sampai nasional dan berkontribusi pada penerapan GCG (Good Corporate Governance) untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/SDG’s yakni tujuan 15, Ekosistem Daratan dan tujuan 17, Kemitraan untuk mencapai tujuan, serta mendorong pemenuhan indikator ESG (Environment, Social, Governance) pada tahun 2023.( humas ) ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!