IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Polres Banggai Beri Kemudahan SKCK Online Untuk Warga Kabupaten

871
×

Polres Banggai Beri Kemudahan SKCK Online Untuk Warga Kabupaten

Sebarkan artikel ini
Kasat Intelkam Polres Banggai, AKP Usman Pelayanan ini adalah bentuk kepedulian polisi sebagai pengayom masyarakat
Kasat Intelkam Polres Banggai, AKP Usman Pelayanan ini adalah bentuk kepedulian polisi sebagai pengayom masyarakat

Kasat Intelkam Polres Banggai, AKP Usman Pelayanan ini adalah bentuk kepedulian polisi sebagai pengayom masyarakat”

KABAR LUWUK  – Polres Banggai Beri Kemudahan SKCK Online Untuk Warga Kabupaten. Kepolisian Resort Kabupaten Banggai melalui Satuan Intelkam memberikan kemudahan dalam pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) bagi seluruh warga Kabupaten Banggai. Dengan adanya layanan SKCK online melalui Super Apps Presisi, masyarakat kini dapat mengurus SKCK dengan mudah dan cepat tanpa harus datang ke kantor polisi.

Kapolres Banggai, AKBP Ade Nuramdani, melalui  Kasat Intelkam AKP Usman SH menyampaikan bahwa pelayanan ini adalah bentuk kepedulian polisi sebagai pengayom masyarakat. Mereka siap membantu warga dalam proses pengurusan SKCK selama persyaratan sudah dipenuhi sesuai ketentuan yang berlaku.Jum,at 28/7/2023.

Salah satu warga yang telah mengurus SKCK melalui layanan ini mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kemudahan dan kecepatan dalam proses pengurusan. Berkat pelayanan yang memuaskan, berkas yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan dapat selesai sesuai aturan yang diberikan pihak kepolisian.

Adapun syarat untuk membuat SKCK secara online melalui Super Apps Presisi antara lain adalah scan KTP atau kartu identitas lain, scan KK, scan akta kelahiran atau surat kenal lahir atau ijazah atau surat nikah, rumus sidik jari (jika belum ada), scan foto diri ukuran 4×6 dengan latar belakang merah, dan scan paspor bagi WNI yang akan keluar negeri.

Proses pengurusan SKCK secara online dimulai dengan mengunjungi situs https://skck.polri.go.id/ dan memilih menu “Form Pendaftaran.” Setelah mengisi data pribadi dan memilih cara pembayaran, pemohon perlu melengkapi setiap form yang diminta, termasuk data pribadi, hubungan keluarga, pendidikan, perkara pidana, dan ciri fisik.

Dokumen yang telah dipersiapkan sebelumnya harus diunggah sebagai lampiran. Setelah proses selesai, pemohon akan mendapatkan bukti permohonan dan nomor pembayaran. Biaya pembuatan SKCK online sebesar Rp 30.000.

Proses pembuatan SKCK secara online ini terbukti efisien, dan jika dilakukan sebelum pukul 08.00 WITA pada hari kerja, SKCK dapat diambil pada hari yang sama. Namun, jika dilakukan setelah pukul 08.00 WITA, pemohon dapat mengambil SKCK pada hari berikutnya.

Dengan adanya layanan SKCK online ini, Polres Banggai berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Hal ini juga merupakan upaya polisi dalam menyambut perkembangan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan bagi warga dalam mengurus surat-surat kepolisian.

Dalam upaya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Polres Banggai berkomitmen untuk terus mengembangkan layanan-layanan digital yang lebih efisien.

Kasat Intelkam Polres Banggai, AKP Usman, menyatakan bahwa kehadiran layanan SKCK online adalah salah satu langkah awal dalam transformasi digital Polres Banggai. Masyarakat tidak perlu lagi repot datang ke kantor polisi dan menghabiskan waktu lama untuk mengurus SKCK, melainkan dapat melakukannya dengan cepat dan mudah melalui ponsel pintar mereka.

Tidak hanya memberikan kemudahan dalam pengurusan SKCK, Polres Banggai juga telah merancang Super Apps Presisi dengan berbagai fitur tambahan yang akan membantu masyarakat dalam mengakses informasi kepolisian. Misalnya, masyarakat dapat melaporkan kejadian atau kehilangan secara online melalui aplikasi ini, sehingga polisi dapat merespons dengan lebih cepat dan efisien.

Kapolres Banggai, AKBP Ade Nuramdani, menambahkan bahwa pihaknya juga telah menyediakan layanan konsultasi hukum online bagi masyarakat yang membutuhkan. Dengan begitu, warga dapat mendapatkan informasi hukum secara mudah dan dapat menghindari tindakan yang melanggar hukum.

Selain itu, Polres Banggai juga berusaha untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya hukum dan aturan yang berlaku. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang hukum, diharapkan masyarakat dapat lebih tertib dan sadar akan konsekuensi dari tindakan mereka.

Komitmen Polres Banggai untuk meningkatkan pelayanan digital ini mendapat apresiasi dari warga. Mereka merasa bahwa langkah ini sangat positif dan dapat membantu mempermudah berbagai proses administratif yang sebelumnya dirasakan cukup rumit.

Selain itu, layanan SKCK online juga memberikan dampak positif dalam mengurangi potensi korupsi dan pungutan liar. Proses pengurusan yang lebih transparan dan efisien akan mengurangi kesempatan oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan praktik korupsi.

Diharapkan, langkah Polres Banggai ini akan menjadi contoh bagi kepolisian lainnya di seluruh Indonesia untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Melalui penerapan teknologi dan digitalisasi, diharapkan sektor kepolisian dapat semakin dekat dengan masyarakat dan memberikan rasa aman serta perlindungan yang lebih optimal. ( IM) *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!