IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Peringatan HUT Sumpah Pemuda, Kapolres Banggai Pimpin Upacara

204
×

Peringatan HUT Sumpah Pemuda, Kapolres Banggai Pimpin Upacara

Sebarkan artikel ini

“AKBP Yoga Priyahutama : Bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan”

KABAR LUWUK, BANGGAI – Kapolres Banggai AKBP Yoga Priyahutama SH, SIK, MH, memimpin upacara peringatan Ke- 94 Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022, di halaman Mapolres Banggai pada Jumat (28/10/2022).

Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke- 94 dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa” ini turut diikuti para Pejabat Utama (PJU), perwira dan anggota Polres Banggai.

Kapolres Banggai mengatakan, peringatan hari Sumpah Pemuda adalah upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

“Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan,” kata AKBP Yoga Priyahutama saat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Ia menuturkan, sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan.

Selain itu, lanjutnya, peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia.

“Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa. Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia,” tuturnya.

Yoga mengungkapkan, tema peringatan hari Sumpah Pemuda saat ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa Bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan.

“Dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan dating,” ungkapnya.

Olehnya itu, Yoga mengajak untuk menjadikan peringatan hari Sumpah Pemuda yang Ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat bersama membangun bangsa.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia,” tutupnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!