IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Peringatan Hari Lahir Pancasila : Wabup Banggai Serukan Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan Menuju Indonesia Emas 2045

174
×

Peringatan Hari Lahir Pancasila : Wabup Banggai Serukan Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan Menuju Indonesia Emas 2045

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Banggai, Drs, H, Furqanuddin Masulili, M.si selaku Inspetur Upacara Pada peringatah Hari Lahir Pancasial, 1 Juni 2024 ( Foto Istemwa)
Wakil Bupati Banggai, Drs, H, Furqanuddin Masulili, M.si selaku Inspetur Upacara Pada peringatah Hari Lahir Pancasial, 1 Juni 2024 ( Foto Istemwa)

KABAR LUWUK  – Peringatan Hari Lahir Pancasila : Wabup Banggai Serukan Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan Menuju Indonesia Emas 2045. Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanuddin Masulili, memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Banggai pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Upacara ini merupakan bagian dari peringatan tahunan yang selalu diperingati setiap tanggal 1 Juni. Tema yang diusung tahun ini adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.”

Dalam upacara tersebut, Wabup Furqanuddin menyampaikan sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI).

Beliau menekankan pentingnya Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa yang majemuk. “Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong,” ujar Furqanuddin.

Ia juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan.

Menurutnya, Pancasila harus menjadi ideologi yang bekerja nyata dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” tegasnya.

Furqanuddin juga menegaskan keyakinannya bahwa dengan semangat Pancasila yang kuat, bangsa Indonesia mampu mengatasi berbagai tantangan di masa depan.

Upacara ini juga menampilkan berbagai kegiatan, termasuk pengibaran bendera Merah Putih, pembacaan teks Pancasila, pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, dan pencanangan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari pegawai pemerintahan, anggota TNI dan Polri, pelajar, hingga perwakilan organisasi kemasyarakatan. Mereka semua mengikuti rangkaian upacara dengan penuh khidmat, menunjukkan semangat kebangsaan yang tinggi.

Tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” mencerminkan harapan agar masyarakat Banggai dan seluruh rakyat Indonesia semakin menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian, diharapkan bangsa Indonesia dapat mewujudkan cita-cita menjadi bangsa yang adil, makmur, dan sejahtera.

Upacara ini bukan hanya sekedar seremonial tahunan, tetapi juga momen refleksi bagi seluruh rakyat Indonesia untuk memperkuat komitmen dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, Indonesia diharapkan bisa mencapai visi besar menuju Indonesia Emas 2045, dimana seluruh rakyat hidup dalam harmoni, sejahtera, dan berkeadilan. ( prokopim)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!