IMIP < Bawaslu-ads
Banggai KepulauanKABAR DAERAH

Pencapaian Luar Biasa,Kabupaten Bangkep di Bawah Kepemimpinan PJ. Bupati Ihsan Basir

268
×

Pencapaian Luar Biasa,Kabupaten Bangkep di Bawah Kepemimpinan PJ. Bupati Ihsan Basir

Sebarkan artikel ini
Kinerja Capaian Pembangunan DiBangkep Menunjukan Progeres Positif
Kinerja Capaian Pembangunan DiBangkep Menunjukan Progeres Positif

KABAR LUWUK –  Pencapaian Luar Biasa,Kabupaten Bangkep di Bawah Kepemimpinan PJ. Bupati Ihsan Basir. Selama periode 2022 hingga 2023, Kabupaten Bangkep telah menyaksikan transformasi luar biasa dalam pembangunan di berbagai sektor di bawah kepemimpinan Pelaksana Tugas (PJ) Bupati Ihsan Basir SH.LLM.

Capaian yang mengesankan ini telah mencerminkan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan perbaikan signifikan dalam kesejahteraan masyarakat.

Pada tahun 2022, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita Kabupaten Bangkep mencapai angka 37,32 juta, yang kemudian meningkat pesat menjadi 39,91 juta pada tahun 2023. Pertumbuhan ini menandai keberhasilan dalam meningkatkan ekonomi daerah dalam waktu satu tahun pemerintahan PJ. Bupati Ihsan Basir.

Tidak hanya itu, pengeluaran per kapita juga mengalami peningkatan yang signifikan, meningkat dari 7,71 juta pada tahun 2022 menjadi 8,07 juta pada tahun 2023.

Ini mencerminkan peningkatan daya beli masyarakat dan aktifitas ekonomi yang semakin meningkat di Kabupaten Bangkep.

Capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga menunjukkan tren positif, meningkat dari 66,08 pada tahun 2022 menjadi 67,05 pada tahun 2023.

Peningkatan ini mencerminkan peningkatan kondisi kesehatan, pendidikan, dan standar hidup masyarakat secara keseluruhan.

Meskipun demikian, ada perubahan dinamika dalam pertumbuhan populasi, dengan pertumbuhan penduduk menurun dari 0,99% pada tahun 2022 menjadi 0,90% pada tahun 2023. Namun, penurunan ini diiringi dengan perbaikan dalam distribusi kekayaan, seperti yang tercermin dalam penurunan Indeks Gini dari 0,280 menjadi 0,272.

Kabupaten Bangkep juga menunjukkan komitmen serius dalam mengatasi masalah gizi buruk pada anak-anak, dengan penurunan signifikan dalam prevalensi stunting dari 36,6% pada tahun 2022 menjadi 27,7% pada tahun 2023.

Capaian ini telah membawa kabupaten tersebut menempati peringkat ketiga di Sulawesi Tengah dalam penanganan gizi buruk.

Selain itu, upaya untuk mengurangi tingkat kemiskinan juga membuahkan hasil, dengan penurunan dari 13,44% pada tahun 2022 menjadi 12,19% pada tahun 2023.

Perubahan ini mencerminkan komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Secara keseluruhan, capaian pembangunan yang mengesankan ini tidak hanya mencakup peningkatan dalam infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan, tetapi juga menunjukkan komitmen dan kerja keras pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Bangkep secara menyeluruh.

Transformasi ini menjadi cerminan dari visi dan kepemimpinan yang kuat dari PJ. Bupati Ihsan Basir dan menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk mengikuti jejaknya. (RSM)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!