IMIP < Bawaslu-ads
Derap Nusantara

Pemkab Sigi Sulteng Latih 100 Warga Buat Produk Kacamata Kayu

252
×

Pemkab Sigi Sulteng Latih 100 Warga Buat Produk Kacamata Kayu

Sebarkan artikel ini

KABAR LUWUK, SIGI – Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, melatih sekitar 100 warga di daerah itu untuk membuat produk kacamata kayu sebagai bentuk upaya pengembangan kapasitas dan usaha dalam rangka percepatan peningkatan ekonomi warga.

“Pelatihan ini agar masyarakat membuat satu produk baru atau mengembangkan usaha baru,” kata Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Sigi, Rabu, terkait dengan pelatihan pembuatan produk kacamata kayu.

Pemerintah Kabupaten Sigi menyebut bahwa produk kacamata kayu merupakan perpaduan antara kayu dan kaca, yang dalam pembuatannya membutuhkan keterampilan khusus untuk mendesain dengan menggunakan teknologi.

Kayu dengan kualitas tinggi, tidak hanya digunakan untuk membuat berbagai produk seperti meja, kursi, sendok, suvenir, plakat dan sebagainya. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, kayu dapat didesain dan dibuatkan motif tertentu untuk dikombinasikan dengan kaca, yang selanjutnya menjadi produk bernilai ekonomi.

“Oleh karena itu, saat ini kacamata juga menggunakan bahan kayu, yang dijual di pasar-pasar nasional,” ungkapnya.

Sehingga,menurut dia, masyarakat atau pelaku usaha penting dilatih untuk membuat kacamata kayu. Pemkab telah memiliki gedung pusat promosi IKM sentra perabot yang terletak di Desa Jono Oge, Kecamatan Sigi Biromaru.

Gedung tersebut, lanjutnya, menjadi tempat pelatihan pengembangan produk, termasuk pelatihan pembuatan kacamata kayu, yang bekerja sama dengan sentra meubelair di desa tersebut.

Di tempat itu sekitar 100 warga dilatih untuk membuat kacamata kayu yang berlangsung sejak periode 28 November – 7 Desember 2022. “Kegiatan-kegiatan seperti ini harus terus dilaksanakan, agar masyarakat memiliki keterampilan khusus dalam membuat dan mengembangkan desain produk,” sebutnya.

Dia mengatakan Pemerintah Kabupaten Sigi telah bekerja sama dengan multi pihak untuk meningkatkan kualitas produk bernilai ekonomi, serta memasarkannya ke tingkat nasional.( Antara ) ***
 
Pewarta : Muhammad Hajiji
Editor : M Razi Rahman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!