IMIP < Bawaslu-ads
Banggai LautKABAR DAERAH

Pemkab Banggai Laut Raih WTP Ketujuh Kali Berturut-turut

656
×

Pemkab Banggai Laut Raih WTP Ketujuh Kali Berturut-turut

Sebarkan artikel ini
Pemda Banggai Laut Sukses Pertahankan Opini WTP ke -7 Kalinya
Pemda Banggai Laut Sukses Pertahankan Opini WTP ke -7 Kalinya

KABAR LUWUK  –  Pemkab Banggai Laut Raih WTP Ketujuh Kali Berturut-turut. Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah, kembali mencatat prestasi gemilang dengan meraih status opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2023.

Ini merupakan kali ketujuh secara beruntun Pemkab Banggai Laut memperoleh penghargaan tersebut dalam tujuh tahun terakhir.

Penghargaan WTP ini diberikan langsung oleh Kepala Kantor Perwakilan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) Sulawesi Tengah, Binsar Karyanto P. S.T., M.M., CSFA.

Penyerahan penghargaan dilakukan di Kantor BPK RI Perwakilan Sulawesi Tengah pada Senin, 27 Mei 2024. Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa, SH, bersama Wakil Ketua I DPRD Banggai Laut, Patwan Kuba, SH, hadir menerima penghargaan tersebut.

Opini WTP merupakan penilaian tertinggi dari BPK yang menunjukkan bahwa laporan keuangan entitas yang diperiksa telah menyajikan secara wajar dalam semua hal material. Laporan tersebut mencakup posisi keuangan, hasil usaha, maupun arus kas entitas dan dinilai telah sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.

“Penghargaan ini adalah bukti nyata dari kerja keras dan komitmen seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Banggai Laut dalam mengelola keuangan daerah dengan baik dan akuntabel,” ujar Bupati Sofyan Kaepa.

Ia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pencapaian ini.

Wakil Ketua I DPRD Banggai Laut, Patwan Kuba, SH, menambahkan bahwa opini WTP ini tidak hanya menjadi indikator transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, tetapi juga menjadi dorongan bagi Pemkab Banggai Laut untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Keberhasilan ini harus menjadi motivasi untuk terus memperbaiki pertanggungjawaban pelaksanaan APBD di masa mendatang,” tegasnya.

Kepala Kantor Perwakilan BPK Sulawesi Tengah, Binsar Karyanto, juga menyampaikan apresiasi atas kinerja Pemkab Banggai Laut.

Ia berharap hasil pemeriksaan ini dapat menjadi acuan bagi daerah lain untuk lebih meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah.

Dengan keberhasilan ini, Kabupaten Banggai Laut tidak hanya menunjukkan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku, tetapi juga membuktikan komitmen yang kuat dalam menjaga integritas dan profesionalisme dalam pengelolaan keuangan daerah.

Prestasi ini diharapkan dapat memacu semangat seluruh aparatur pemerintah daerah untuk terus bekerja keras dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Banggai Laut.( RSM) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!