IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Pemerintah Kabupaten Banggai Siap Relokasi Pedagang Pasar Simpong Luwuk Usai Lebaran Idul Adha

234
×

Pemerintah Kabupaten Banggai Siap Relokasi Pedagang Pasar Simpong Luwuk Usai Lebaran Idul Adha

Sebarkan artikel ini

KABAR LUWUK – Pemerintah Kabupaten Banggai Siap Relokasi Pedagang Pasar Simpong Luwuk Usai Lebaran Idul Adha.Pemerintah Kabupaten Banggai telah mengumumkan rencana untuk melakukan relokasi pedagang Pasar Simpong di Luwuk. Langkah ini diambil menyusul kebakaran yang terjadi dua tahun yang lalu dan rencana pemda untuk membangun kembali lapak Pasar Simpong yang terdampak. Menurut informasi yang diperoleh, relokasi pedagang akan dilaksanakan setelah lebaran Iduladha 1444 Hijriah.Selasa 27/6/2023.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Banggai, Syaifuddin Muid, mengungkapkan bahwa pemerintah daerah telah membentuk Tim Penertiban Pasar Simpong untuk mengawasi dan melaksanakan proses relokasi. Tim ini dijadwalkan untuk mendapatkan Surat Keputusan (SK) setelah kedatangan Bupati Banggai di Luwuk.

Pada proses relokasi nanti, semua pedagang yang menempati jalan di sekitar pasar akan terkena dampaknya. Hal ini dikarenakan jalan tersebut akan digunakan untuk mobilisasi alat berat yang akan digunakan dalam pembangunan kembali lapak Pasar Simpong Luwuk yang terbakar.

Syaifuddin Muid menambahkan bahwa relokasi akan dimulai setelah lebaran Iduladha dan akan didahului dengan sosialisasi kepada pedagang serta penyiapan lokasi relokasi oleh Pemda Banggai.

Jumlah pedagang yang akan terdampak oleh proses pembangunan kembali lapak pasar tersebut mencapai 346 orang.

 Data dari KUPT Pasar Simpong menunjukkan bahwa 99 pedagang adalah penjual ikan dan 30 pedagang bersifat musiman. Selain itu, terdapat juga 275 pedagang tambahan yang merupakan korban kebakaran sebelumnya.

Sebelum mengumumkan rencana relokasi, tim terpadu yang terdiri dari berbagai instansi telah melakukan peninjauan di Pasar Simpong Luwuk pada tanggal 17 Juni 2023.

 Mereka menemukan banyak lapak yang kosong di dalam pasar yang dapat digunakan untuk relokasi pedagang. Tim tersebut terdiri dari Kesbangpol Banggai, Dinas Perdagangan, Satpol PP, dan Polres Banggai.

Sulkifli Aliu, Kepala Bidang Penataan Bangunan dan Infrastruktur Permukiman Dinas PUPR Banggai, menjelaskan bahwa rencana penertiban Pasar Simpong berpusat di Kesbangpol Banggai.

Mereka telah bekerja sama dengan berbagai instansi terkait untuk meninjau pasar dan memastikan bahwa semua pedagang yang menempati area jalan, terutama di sekitar pasar yang akan dibangun kembali, akan direlokasi.

Dinas PUPR Banggai juga telah merampungkan perencanaan pembangunan kembali Pasar Simpong Luwuk. Rencana ini diharapkan akan membantu memulihkan pasar dan memberikan tempat yang lebih baik bagi pedagang untuk berjualan setelah proses relokasi selesai dilaksanakan.

Dengan rencana relokasi pasca-lebaran Iduladha ini, diharapkan Pasar Simpong Luwuk dapat kembali berfungsi secara optimal dan memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi pedagang dan pengunjung.

Pemerintah Kabupaten Banggai berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan pasar sebagai pusat perdagangan lokal dan meningkatkan perekonomian di daerah tersebut.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!