IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Pemerintah Kabupaten Banggai  Gandeng Job  Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi Gelar Bimtek Program Kampung Iklim

196
×

Pemerintah Kabupaten Banggai  Gandeng Job  Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi Gelar Bimtek Program Kampung Iklim

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Banggai, Drs.H. Furqanuddin Masulili dan Pimpinan JOB Tomori Sulawei Kabupaten Banggai Saat memberikan Arahan Bimtek Proklim Di Hotel Esrela Luwuk

KABAR LUWUK, BANGGAI  –  Pemerintah Kabupaten Banggai  melalui Dinas Lingkungan Hidup bekerja sama dengan JOB Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Program Kampung Iklim (Proklim), bertempat di  Estrella  Hotel and Conference Kelurahan Tanjung Tuwis Kecamatan Luwuk Selatan  Kabupaten Banggai,  Selasa (27/12/22). 

Bimbingan  Teknis  Program Kampung  ( Proklim )  secara  resmi dibuka oleh Wakil Bupati  Banggai, Drs. H. Furqanudin Masulili, MM dan dihadiri pula oleh pimpinan JOB Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi, Kepala DLH Banggai, Drs. H. Sudarso Abusama, MM.

Arahan Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanuddin  sebelum membuka kegiatan ini menjelaskan  bahwa Proklim merupakan program nasional yang dikelola oleh Kementerian LH dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca. 

“Hal itu dapat memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing,” jelas Furqanuddin Masulili.

Sehingga  pelaksanaan Proklim,  mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Nomor 84 Tahun 2016 Tentang Program Kampung Iklim, dimana didalamnya terkandung komponen utama, syarat pengusulan, penilaian dan kategori proklim. 

“Tempatnya di wilayah administratif paling rendah setingkat rukun warga atau dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan atau desa, bisa juga wilayah yang masyarakatnya telah melakukan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara seimbang,” ucap Wakil Bupati Banggai. Selanjutya Wakil  Bupati Banggai mengharapkan melalui bimbingan tekni Program Kampung Iklim yang mengandeng  Perusahaan  JOB Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi ini untuk wilayah kabupaten Banggai  dapat menjadi sarana persiapan untuk menghadapi penilaian program calon lokasi kampung ikli yang diusulkan, baik tingkat lestari  yang terdiri dari Utama ( tingkat Nasional), Madya ( tingkat Provinsi) dan  Pratama  ( tingkat Kabupaten ).  Tutup Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanuddin Masulili, M. Si.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!