IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Pembukaan Musrenbang RKPD 2025, Bupati Banggai Dorong Kemandirian dan Kesejahteraan Melalui Inovasi Pembangunan

165
×

Pembukaan Musrenbang RKPD 2025, Bupati Banggai Dorong Kemandirian dan Kesejahteraan Melalui Inovasi Pembangunan

Sebarkan artikel ini
Buka Musrenbang RKPD Tahun 2025, Bupati Amirudin Sampaikan Pokok-pokok Arahan
Buka Musrenbang RKPD Tahun 2025, Bupati Amirudin Sampaikan Pokok-pokok Arahan

KABAR LUWUK  – Pembukaan Musrenbang RKPD 2025, Bupati Banggai Dorong Kemandirian dan Kesejahteraan Melalui Inovasi Pembangunan. Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO, resmi membuka acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Banggai Tahun 2025.

Bertempat di Hotel Estrella Luwuk, acara ini menjadi platform untuk menggali aspirasi dan merumuskan rencana pembangunan daerah untuk tahun mendatang.Rabu 27/3/2024.

Dalam sambutannya, Bupati Banggai menekankan pentingnya pendekatan partisipatif antara bawah dan atas dalam pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2024. Tema yang diusung untuk RKPD Kabupaten Banggai Tahun 2025 adalah “Peningkatan Kemandirian dan Daya Saing Daerah Menuju Kesejahteraan Masyarakat” dengan menetapkan 8 program prioritas daerah.

Bupati Amirudin mengapresiasi hasil positif dari berbagai program prioritas yang telah dilaksanakan di tahun-tahun sebelumnya. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Banggai tanpa migas pada tahun 2023 mencapai 4,41%, meningkat 0,61% dari tahun sebelumnya menurut data BPS.

Salah satu fokus utama adalah kesejahteraan masyarakat, dengan melibatkan mereka secara langsung dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, terutama masyarakat kurang mampu. Ini diharapkan dapat mengurangi angka kemiskinan di wilayah tersebut.

Bupati Banggai juga menyoroti keberhasilan program “Satu Juta Satu Pekarangan” dalam menurunkan angka kemiskinan ekstrem, serta pentingnya terus meningkatkan program tersebut secara terstruktur dan masif.

Pendapatan daerah diproyeksikan meningkat pada tahun 2025, memberikan kesempatan lebih besar untuk pembangunan yang lebih luas dan berkelanjutan.

Tidak hanya itu, peningkatan anggaran berbasis kewilayahan juga menjadi sorotan penting dalam Musrenbang ini, dengan pemberian sebagian kewenangan kepada Camat yang meningkat 9,61%. Ini dianggap sebagai hasil dari kolaborasi antara berbagai pihak, termasuk DPRD, Forkopimda, Perangkat Daerah, Kecamatan, Kelurahan, dan desa serta dukungan dari Pemerintah Provinsi dan Pusat beserta masyarakat Kabupaten Banggai.

Bupati Amirudin menegaskan pentingnya pemanfaatan anggaran dengan baik oleh seluruh perangkat daerah. Musrenbang RKPD Kabupaten Banggai Tahun 2025 menjadi momentum penting dalam menjalankan amanah pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, dengan harapan partisipasi aktif semua pihak akan mewujudkan visi dan misi pembangunan yang telah ditetapkan.

Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat merek dari Bupati Banggai melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Banggai kepada para pelaku UMKM, menandai komitmen untuk mendukung sektor ekonomi lokal sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ( Dkisp ) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!