IMIP < Bawaslu-ads
Banggai KepulauanKABAR DAERAH

Pembangunan Desa Bangkep Makin Berkembang Dengan Cairnya Dana Desa dan BLT Tahap 3 Tahun 2023

1031
×

Pembangunan Desa Bangkep Makin Berkembang Dengan Cairnya Dana Desa dan BLT Tahap 3 Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
Muhamaad Aris Susanto SE,ME, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bangkep
Muhamaad Aris Susanto SE,ME, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bangkep

“141 Desa Salurkan BLT Tahap  3  tahun 2023”

KABAR LUWUK  – Pembangunan Desa Bangkep Makin Berkembang dengan Cairnya Dana Desa dan BLT Tahap 3 Tahun 2023. Kabupaten Bangkep, Sulawesi Tengah, berhasil mencatat prestasi gemilang dalam penyaluran Dana Desa (DD) reguler tahap 3 tahun 2023 dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap 3 untuk bulan Oktober, November, dan Desember.

Sebanyak 141 desa di wilayah tersebut menerima dana tersebut, mencerminkan upaya nyata dalam mendukung pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat.

Dana Desa sebesar Rp.111 Milyar telah sukses disalurkan melalui Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OM SPAN) oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Banggai pada Kamis, 21 Desember 2023.

Muhamaad Aris Susanto SE,ME, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bangkep, menjelaskan bahwa anggaran tersebut sudah termasuk tambahan dana desa untuk 29 desa di wilayah tersebut.

Total anggaran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2023 mencapai Rp. 17.420.400.000, dengan penyaluran dilakukan dalam 4 tahap.

Meski berhasil mencapai prestasi membanggakan, Aris Susanto mengakui adanya kendala dalam proses penyaluran dana desa. Salah satu tantangan utama adalah keterbatasan sumber daya manusia (SDM) di tingkat desa, yang menyebabkan beberapa kesalahan administrasi keuangan, perencanaan, dan penyusunan laporan keuangan.

Aris Susanto menyampaikan harapannya agar pada tahun 2024, pengelolaan dana desa dapat ditingkatkan sehingga pencairan dana bisa lebih cepat dan efisien.

Hal ini diharapkan dapat mendukung tanpa gangguan proses pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.

Dalam kesempatan ini, Aris Susanto juga mengucapkan terima kasih kepada Penjabat (Pj.) Bupati Bangkep atas arahan, masukan, dan dukungannya yang telah memberikan kontribusi besar terhadap kelancaran pengelolaan dana desa tahun 2023.

Ia juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kecamatan, pemerintah desa, serta semua pihak yang telah berperan dalam membantu kelancaran proses pengelolaan dan penyaluran Dana Desa serta BLT-DD selama 12 bulan atau selama tahun berjalan.

Dana Desa (DD) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap 3 yang telah sukses disalurkan di Kabupaten Bangkep tidak hanya menjadi angka statistik semata, melainkan juga menandai capaian nyata dalam mendukung berbagai program pembangunan di tingkat desa.

Dengan total dana sebesar Rp.111 Milyar, termasuk tambahan untuk 29 desa, dan BLT-DD sebesar Rp. 17.420.400.000, masyarakat desa di Bangkep dapat merasakan dampak positifnya.

Meskipun mengalami beberapa kendala, terutama terkait sumber daya manusia, Aris Susanto berkomitmen untuk terus meningkatkan pengelolaan dana desa di masa mendatang.

Langkah-langkah perbaikan administrasi keuangan, perencanaan, dan penyusunan laporan keuangan akan menjadi fokus untuk memastikan proses penyaluran dana desa lebih lancar dan efisien.

Penghargaan dan terima kasih yang disampaikan kepada Pj. Bupati Bangkep, pemerintah kecamatan, pemerintah desa, dan semua pihak terlibat, mencerminkan kolaborasi yang kuat dalam mendukung kemajuan wilayah ini. Dengan harapan ke depan, proses pengelolaan dana desa dapat ditingkatkan, membawa dampak positif yang lebih besar pada pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa.

Pemberdayaan masyarakat desa bukan hanya tentang penyaluran dana, tetapi juga tentang memberdayakan mereka untuk berperan aktif dalam proses pembangunan.

Oleh karena itu, peran aparat desa, kepala desa, dan perangkat desa dalam pemahaman dan pelaksanaan administrasi keuangan menjadi kunci utama keberhasilan.

Dengan kerja sama yang baik antara pemerintah kabupaten, kecamatan, dan desa, diharapkan pembangunan di Kabupaten Bangkep akan semakin merata dan berkesinambungan.

Pada akhirnya, pencapaian ini tidak hanya milik pemerintah atau aparat desa saja, tetapi juga menjadi bagian dari kesuksesan bersama masyarakat Bangkep. Dengan semangat kerjasama yang terus ditingkatkan, pembangunan di tingkat desa akan menjadi landasan kokoh bagi kemajuan wilayah ini menuju masa depan yang lebih baik.(RS) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!