IMIP < Bawaslu-ads
Banggai KepulauanKABAR DAERAH

Mitigasi Kerawanan Daftar Pemilih: Bawaslu Bangkep Tindak Lanjut Dengan Pemetaan dan Pemutakhiran Data

190
×

Mitigasi Kerawanan Daftar Pemilih: Bawaslu Bangkep Tindak Lanjut Dengan Pemetaan dan Pemutakhiran Data

Sebarkan artikel ini
Bawaslu, Kabupaten Bangkep, Pemetaan, Pemutakhiran,
Bawaslu, Kabupaten Bangkep, Pemetaan, Pemutakhiran,

KABAR LUWUK  – Mitigasi Kerawanan Daftar Pemilih, Bawaslu Bangkep Tindak Lanjut dengan Pemetaan dan Pemutakhiran Data. Ketua Bawaslu Bangkep, Muslim Abd. Muin, S.KOM., MM., menekankan pentingnya pemetaan kerawanan dalam pemutakhiran daftar pemilih sebagai langkah mitigasi.

Hal ini disampaikan dalam materi yang dibawakannya pada kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) pada Kamis, 20 Juni 2024.

Kegiatan ini juga membahas penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH) serta simulasi penggunaan Aplikasi E-Coklit dalam pencocokan, penelitian, pendaftaran, dan pemutakhiran data pemilih.

Muslim menjelaskan bahwa terdapat beberapa tantangan dalam penyusunan database kependudukan yang berpotensi tidak akurat sebagai basis penyusunan daftar pemilih.

 “Masih terdapat pemilih ganda di mana satu NIK dimiliki lebih dari satu pemilih, dan satu pemilih memiliki lebih dari satu NIK,” ungkapnya.

Ia juga menyoroti adanya pemilih yang tidak dikenal atau tidak diketahui keberadaannya namun masih tercantum dalam daftar pemilih, serta pemilih potensial non KTP-E yang belum masuk ke dalam daftar pemilih.

Menurutnya, tantangan ini harus dihadapi dengan serius. “Dalam proses coklit, Pantarlih masih belum memahami tata cara, mekanisme, dan prosedur yang tepat,” jelas Muslim.

Oleh karena itu, Bawaslu Banggai Kepulauan menerapkan beberapa strategi dalam melakukan pencegahan kerawanan pemutakhiran daftar pemilih.

Strategi ini meliputi pengawasan melekat, koordinasi dengan pihak terkait, analisis data, akurasi data pemilih, serta pemetaan kawasan dan wilayah rawan.

Kegiatan ini dihadiri oleh kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Ketua dan anggota KPU Bangkep, serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Banggai Kepulauan. Kehadiran berbagai pihak ini diharapkan dapat memperkuat sinergi dalam menghadapi tantangan pemutakhiran data pemilih.

Muslim menegaskan bahwa sinergi antara Bawaslu, KPU, dan pihak terkait sangat penting untuk memastikan daftar pemilih yang akurat dan valid.

“Kolaborasi dan komunikasi yang baik akan membantu kita mengatasi kendala yang ada dan meningkatkan kualitas data pemilih,” tuturnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh petugas pemutakhiran data pemilih dapat memahami dan menjalankan tugas mereka dengan lebih baik.

Pemahaman yang mendalam tentang penggunaan aplikasi SIDALIH dan E-Coklit akan membantu dalam menciptakan daftar pemilih yang lebih akurat dan mengurangi potensi kerawanan.

Upaya ini diharapkan dapat memastikan terselenggaranya pemilu yang jujur, adil, dan berkualitas di Kabupaten Banggai Kepulauan.( RSM) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!