IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Meriahkan HUT Satpol PP ke-74, Satlinmas ke-62, dan Pemadam Kebakaran ke-105, Banggai Gelar Upacara Akbar

569
×

Meriahkan HUT Satpol PP ke-74, Satlinmas ke-62, dan Pemadam Kebakaran ke-105, Banggai Gelar Upacara Akbar

Sebarkan artikel ini
Upacara Gelar Pasukan Memperingati HUT Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar Sulawesi Tengah
Upacara Gelar Pasukan Memperingati HUT Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar Sulawesi Tengah

KABAR LUWUK  – Meriahkan HUT Satpol PP ke-74, Satlinmas ke-62, dan Pemadam Kebakaran ke-105, Banggai Gelar Upacara Akbar. Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-74, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-62, serta Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke-105, Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Upacara Gelar Pasukan yang meriah.

Acara tersebut dilaksanakan pada Kamis (16/5/2024) di Lapangan Astaka Halimun, Kabupaten Banggai, dengan tema “Satpol PP Bertekad Menciptakan Suasana Kondusif, Tertib, dan Terkendali dalam Mendukung Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024”.

Upacara dimulai dengan khidmat dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, Drs. H. Ma’mun Amir, yang bertindak sebagai Inspektur upacara.

Dalam sambutannya yang membacakan pesan tertulis Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, beliau mengungkapkan apresiasi dan terima kasih yang mendalam kepada seluruh anggota Satpol PP, Satlinmas, dan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

“Pada seluruh anggota Satpol PP, Satlinmas, dan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, saya mengucapkan terimakasih yang setulus-tulusnya dan apresiasi setinggi-tingginya atas pengabdian dan dedikasinya.

Semuanya adalah pilar utama dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan keselamatan,” ungkap Wagub Ma’mun Amir.

Ma’mun Amir juga mengajak semua pihak untuk menjadikan peringatan ini sebagai momentum dalam meningkatkan koordinasi, pengabdian, dan sinergitas di antara semua pihak guna menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, tenteram, dan sejahtera bagi masyarakat Sulawesi Tengah.

Ia menekankan pentingnya optimalisasi tugas pemadam kebakaran di daerah dengan merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 16 Tahun 2020 tentang Pedoman Nomenklatur Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Salah satu poin pentingnya yaitu mengamanatkan kepala daerah agar segera membentuk Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, agar Dinas Pemadam dapat mengelola anggaran dan SDM secara maksimal,” jelas Wagub Prov. Sulteng.

Menjelang pemilihan kepala daerah serentak, Satpol PP dan Satlinmas diharapkan lebih siap dan tanggap dalam menjaga stabilitas dan keamanan selama proses pemilihan berlangsung. Hal ini diharapkan dapat memastikan bahwa seluruh tahapan pemilihan dapat berjalan dengan lancar dan kondusif.

Selain Wakil Gubernur, acara ini juga dihadiri oleh Walikota Palu, Bupati Kab. Morowali Utara, Bupati Kab. Parigi Moutong, Bupati Kab. Tojo Una-Una, Ketua DPRD Kab. Banggai, Para Pimpinan OPD Banggai, dan unsur Forkopimda Banggai.

Mereka semua turut merayakan dan memberikan dukungan penuh terhadap para pahlawan keamanan, ketertiban, dan keselamatan ini.

Pada kesempatan tersebut, diumumkan juga pemenang Juara Umum yang diraih oleh Kabupaten Banggai dalam lomba Fire Fighter Skill Competition yang telah dilaksanakan pada Rabu (15/5/2024).

Kompetisi ini menunjukkan kemampuan dan keterampilan tinggi para petugas pemadam kebakaran dalam menjalankan tugas mereka yang berisiko tinggi.

Upacara Gelar Pasukan di Lapangan Astaka Halimun, Kabupaten Banggai, ini tidak hanya menjadi ajang peringatan tetapi juga memperkokoh semangat dan komitmen para petugas dalam menjalankan tugas mereka dengan dedikasi tinggi.

Semangat kebersamaan dan pengabdian yang tercermin dalam acara ini diharapkan dapat terus ditingkatkan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Tengah. ( dkisp) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *