IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Lomba Desa dan Kelurahan 2024, Tonggak Penting dalam Pembangunan Kabupaten Banggai Menuju Kesejahteraan

178
×

Lomba Desa dan Kelurahan 2024, Tonggak Penting dalam Pembangunan Kabupaten Banggai Menuju Kesejahteraan

Sebarkan artikel ini
Lomba ini, yang melibatkan 9 kelurahan dan 23 desa, telah menjadi pusat perhatian sejak dimulainya penilaian pada tanggal 2 Mei 2024 oleh Tim Penilai I dan Tim Penilai II
Lomba ini, yang melibatkan 9 kelurahan dan 23 desa, telah menjadi pusat perhatian sejak dimulainya penilaian pada tanggal 2 Mei 2024 oleh Tim Penilai I dan Tim Penilai II

Sebanyak  32 Desa dan Kelurahan Ikut Lomba

KABAR LUWUK  –  Lomba Desa dan Kelurahan 2024, Tonggak Penting dalam Pembangunan Kabupaten Banggai Menuju Kesejahteraan. Dalam upaya memajukan sektor pembangunan desa dan kelurahan, Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai telah menggelar Lomba Desa dan Kelurahan tingkat kabupaten tahun 2024.

Lomba ini, yang melibatkan 9 kelurahan dan 23 desa, telah menjadi pusat perhatian sejak dimulainya penilaian pada tanggal 2 Mei 2024 oleh Tim Penilai I dan Tim Penilai II.

Pada hari keempat kompetisi, Selasa (7/5/2024), Tim Penilai I dan II melakukan kunjungan ke beberapa desa dan kelurahan di berbagai kecamatan. Tim Penilai I menyambangi Desa Tou, Sukamaju, dan Kelurahan Jole, sementara Tim Penilai II mengunjungi Desa Bumi Harapan, Marga Kencana, dan Rusa Kencana.

Perlombaan ini tidak hanya sekadar ajang kompetisi semata, tetapi juga merupakan bagian dari Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (EPDesKel).

Lanjutnya, Tujuan dari terselenggaranya lomba ini yaitu :

  1. Mengetahui capaian yang ada di desa dan kelurahan selama kurun waktu dua tahun terakhir dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat desa dan kelurahan pada aspek penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan kewilayahan dan pembinaan kemasyarakatan.
  2. ⁠Sebagai wahana apresiasi berupa penghargaan dari pemerintah daerah dan pusat kepada pemerintah desa dan kelurahan atas apresiasi yang dicapai dalam memajukan desa dan kelurahan.

Bupati Banggai, melalui perwakilannya, Hasan Baswan M Dg. Masikki, S.STP., M.Si, menyampaikan bahwa lomba ini merupakan wujud dari pembinaan yang dilakukan oleh pemerintah daerah untuk memantau perkembangan desa dan kelurahan.

Menurut Permendagri No. 81 Tahun 2015, terdapat tiga kategori desa dan kelurahan yang dinilai, yaitu Desa dan Kelurahan Cepat Berkembang, Desa Kelurahan Berkembang, dan Desa dan Kelurahan Kurang Berkembang.

Lomba ini bertujuan untuk mengetahui capaian selama dua tahun terakhir dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat desa dan kelurahan, serta sebagai apresiasi atas upaya dalam memajukan desa dan kelurahan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banggai, Ir. Hj. Syamsuarni Amirudin, SE., MM, menekankan pentingnya dukungan dari para kepala desa dan lurah terhadap Tim Penggerak PKK di wilayah masing-masing.

Dengan semangat persaingan yang sehat dan kerjasama yang kuat, diharapkan Lomba Desa dan Kelurahan tahun ini akan menjadi tonggak penting dalam pembangunan Kabupaten Banggai menuju kesejahteraan yang lebih baik. ( dkisp ) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *