IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Lapas Kelas II B Luwuk Gelar Shalat Idul Adha 1445 H dan Pemotongan Hewan Kurban

1105
×

Lapas Kelas II B Luwuk Gelar Shalat Idul Adha 1445 H dan Pemotongan Hewan Kurban

Sebarkan artikel ini
Lapas Luwuk Gelar Sholat Idul Adha 1445 H berjamaah dan Penyembelihan Hewan Qurban
Lapas Luwuk Gelar Sholat Idul Adha 1445 H berjamaah dan Penyembelihan Hewan Qurban

KABAR LUWUK  –  Lapas Kelas II B Luwuk Gelar Shalat Idul Adha 1445 H dan Pemotongan Hewan Kurban. Pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Luwuk, Efendi Wahyudi, A.Md I.P., S.Sos., M.Si, bersama warga Binaan melaksanakan Shalat Idul Adha di Masjid At-Taubah Lapas Kelas IIB Luwuk.

Kegiatan shalat tersebut dihadiri oleh seluruh jajaran pejabat, staf pegawai, petugas pengamanan, serta Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang beragama Islam. Shalat dimulai pukul 06.50 Wita dan berlangsung hingga 07.30 Wita, dengan Ustadz Rizal Panigoro, Ketua WIZ (Wahdah Inspirasi Zakat) Kabupaten Banggai, bertindak sebagai khatib dan imam. Senin 17/6/2024.

Dalam khutbahnya, Ustadz Rizal Panigoro membawakan tema “Kisah Perjalanan Nabi Ibrahim As.”, yang menceritakan perjalanan ketauhidan Nabi Ibrahim As. Hingga puncaknya, peristiwa tersebut menjadi momentum Hari Raya Kurban atau Idul Adha.

Ia menjelaskan bagaimana Nabi Ibrahim As. dengan ikhlas siap mengorbankan putranya, Nabi Ismail As., demi mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Setelah shalat Idul Adha, sekitar pukul 08.00 Wita, Kalapas bersama jajarannya dan seluruh petugas Lapas Luwuk melaksanakan pemotongan hewan kurban di depan kantor Lapas.

Pemotongan hewan kurban sebanyak  3 ekor sapi yang merupakan donasi dari BRI, BSI, serta pegawai Lapas Kelas IIB Luwuk. Daging kurban tersebut kemudian didistribusikan kepada WBP dan masyarakat sekitar Lapas.

Dalam sambutannya, Kalapas Efendi Wahyudi menyampaikan bahwa Idul Adha adalah Hari Raya bagi umat Islam yang menekankan pentingnya pengorbanan.

“Setiap manusia perlu mengikhlaskan dan melepas kepemilikan terhadap apa yang dimilikinya, karena semua kenikmatan akan kembali kepada Allah SWT,” ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya pengorbanan untuk negara, mengajak para petugas untuk melaksanakan tugas dengan baik dalam membina WBP agar bisa kembali diterima oleh masyarakat.

Ia juga mengingatkan WBP untuk menjalani masa hukuman dengan baik dan melaksanakan kewajiban mereka dengan ikhlas.

Atas nama Lapas Kelas IIB Luwuk, Kalapas menyampaikan permohonan maaf jika ada kesalahan yang dilakukan baik sengaja maupun tidak sengaja.

Ia juga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H kepada seluruh keluarga besar Lapas Kelas IIB Luwuk dan masyarakat Luwuk Banggai.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar, memberikan apresiasi terhadap kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh Lapas Kelas IIB Luwuk. Ia berharap hubungan dan jalinan silaturahmi terus terbangun dengan baik di masa mendatang.

Dengan semangat Idul Adha, Kalapas Efendi Wahyudi dan seluruh jajaran pegawai Lapas Kelas IIB Luwuk berkomitmen untuk terus menjalankan tugas dengan penuh keikhlasan dan pengabdian, demi kesejahteraan warga binaan dan masyarakat sekitar.( humas) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!