IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Langka, Gas Elpiji 3 kg Banggai,Pertamina Terapkan Ke Sistem Aplikasi

272
×

Langka, Gas Elpiji 3 kg Banggai,Pertamina Terapkan Ke Sistem Aplikasi

Sebarkan artikel ini
Kabag SDA Pemda Banggai, Sunarto Lasitata Saat melakukan peninjauan ke beberapa Pangkalan Gas Elpiji di Kabupaten Banggai
Kabag SDA Pemda Banggai, Sunarto Lasitata Saat melakukan peninjauan ke beberapa Pangkalan Gas Elpiji di Kabupaten Banggai

KABAR LUWUK – Langka, Gas Elpiji 3 kg Banggai,Pertamina Terapkan Ke Sistem Aplikasi. Pasokan Gas Elpiji 3 kg di Kabupaten Banggai masih menjadi perhatian masyarakat karena kelangkaannya.

Kendala ini terjadi karena saat ini Pertamina sedang melakukan proses peralihan dari sistem manual ke sistem aplikasi dalam pengelolaan distribusi gas elpiji di wilayah tersebut.

Pangkalan Gas Elpiji diberi kesempatan untuk menyiapkan data hingga akhir Agustus 2023 agar penerapan sistem baru ini dapat berjalan dengan lancar. Ujar Sunarto Lasitat Kabag SDA Pemda Banggai saat ditemui awak media di kantornya. Rabu  3/8/2023.

Sunarto Lasitata, Kabag Sumber Daya Alam Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai, menjelaskan bahwa saat ini Pertamina sedang berupaya menyiapkan segala data perpindahan dari sistem manual ke sistem aplikasi.

Oleh karena itu, dia meminta masyarakat untuk tetap bersabar dalam menghadapi kelangkaan gas elpiji dan memastikan pemerintah kabupaten selalu melakukan pengawasan terhadap setiap pangkalan yang ada di wilayah tersebut.

Dalam proses peralihan ini, pihak Pemerintah Kabupaten Banggai berharap agar nantinya pangkalan dapat menyediakan alokasi gas sesuai dengan data yang ada di sekitar pangkalan.

Dengan adanya sistem aplikasi baru, diharapkan semua kebutuhan rumah tangga (KK) terpenuhi dengan lebih efisien dan tepat sasaran.

Namun, ada beberapa kesulitan yang dihadapi selama proses peralihan ini. Salah satunya adalah terkait data pelanggan yang belum terkini atau tidak terbaca, khususnya nomor NIK KTP.

Sunarto Lasitata menyarankan agar seluruh pelanggan segera melapor ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat untuk memperbaiki data tersebut.

Untuk mengoptimalkan sistem baru ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai telah mengirim surat kepada Pertamina.

Isi surat tersebut berisi saran agar Pertamina tidak membuka pangkalan baru selama proses perubahan aplikasi berlangsung.

Selain itu, data desa atau kelurahan yang tidak memiliki pangkalan gas elpiji juga dimasukkan untuk memastikan pemerataan distribusi gas.

Dalam upaya untuk menata pangkalan yang berdekatan dan memastikan stok gas terdistribusi dengan baik, Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai berharap agar seluruh pangkalan yang telah pindah ke alamat baru tetap mempertahankan jatah gasnya.

Tim terpadu yang telah dibentuk berupaya untuk membenahi sistem ini dengan bantuan dari Pertamina.

Kabag Sumber Daya Alam, Sunarto Lasitata, berharap bahwa dengan diterapkannya sistem aplikasi berbasis online ini, seluruh pangkalan dapat menerima stok gas sesuai dengan alokasi jumlah KK yang ada.

Hal ini bertujuan untuk memastikan pemerataan distribusi gas elpiji 3 kg berjalan dengan lebih efisien dan adil bagi seluruh masyarakat Kabupaten Banggai.

Diharapkan dengan kesabaran dan kerja sama dari seluruh pihak terkait, masalah kelangkaan Gas Elpiji 3 kg dapat teratasi dengan baik dalam waktu dekat.

Semua upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan Pertamina diharapkan mampu meningkatkan ketersediaan gas elpiji untuk kebutuhan masyarakat secara merata dan berkelanjutan. (IM) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!