IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Kunjungan Bupati Banggai Mendorong Perekonomian Desa

161
×

Kunjungan Bupati Banggai Mendorong Perekonomian Desa

Sebarkan artikel ini
Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, M.M, melaksanakan kunjungan kerja ke Kecamatan Nuhon, Bunta, dan Simpang Raya
Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, M.M, melaksanakan kunjungan kerja ke Kecamatan Nuhon, Bunta, dan Simpang Raya

KABAR LUWUK – Kunjungan Bupati Banggai Mendorong Perekonomian Desa . Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, M.M, melaksanakan kunjungan kerja ke Kecamatan Nuhon, Bunta, dan Simpang Raya dalam rangka menghadiri beberapa acara dan kegiatan penting.

Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk memperkuat perekonomian desa dan meningkatkan pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan. Selasa  2/8/2023.

Acara-acara yang dihadiri Bupati Amirudin antara lain adalah Launching BUMDes Kampung Konau, Gula Aren, dan Penyerahan Santunan Ahli Waris Asuransi Ketenagakerjaan Desa Tetesulu.

 Selain itu, juga dilakukan Penyerahan Bibit Durian dan Panen Tomat Desa Bella/Bolobungkang/Pibombo, serta Penanaman Perdana Bibit Durian di Kebun Desa Sumber Agung dan Kunjungan Silaturahmi bersama Kepala Puskesmas, Dokter, dan Seluruh Staf Puskesmas Bunta.

Dalam sambutannya, Bupati Banggai, H. Amirudin, menekankan pentingnya peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam mendorong perekonomian masyarakat.

Beliau berharap BUMDes Kampung Konau dan BUMDes lainnya dapat menjadi penggerak roda perekonomian masyarakat serta meningkatkan daya saing melalui pemanfaatan potensi yang ada di desa.

Bantuan yang diberikan kepada BUMDes dipantau oleh pihak penegak hukum guna memastikan penggunaannya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Bupati juga mengimbau para pengelola BUMDes untuk aktif mencari dan belajar dari BUMDes serupa yang telah berhasil dalam mengelolanya.

Profesionalitas dalam pengelolaan BUMDes menjadi kunci keberhasilan dalam mendorong perkembangan dan inovasi di bidang ekonomi desa.

Lebih lanjut, Bupati Amirudin menyoroti potensi sektor pertanian di Kabupaten Banggai yang meliputi tanaman pangan, perkebunan, kehutanan, peternakan, dan perikanan darat.

 Pengembangan sektor-sektor ini akan membantu mengurangi ketergantungan terhadap Dana Bagi Hasil (DBH) di masa depan.

Kegiatan ini sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai untuk menciptakan Banggai yang maju, mandiri, dan sejahtera berbasis kearifan lokal.

Dalam rangka mencapai visi tersebut, Pemda Banggai berkomitmen untuk menciptakan kemandirian ekonomi melalui pemanfaatan teknologi dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan.

Sementara itu, penyerahan santunan ahli waris oleh Asuransi Ketenagakerjaan diharapkan dapat membantu meringankan beban keluarga yang ditinggalkan.

Bupati berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendukung pendidikan anak-anak hingga tingkat sarjana, sehingga mereka memiliki kesempatan lebih baik dalam membangun masa depan.

Dalam kunjungan silaturahmi ke Puskesmas Bunta, Bupati Amirudin meninjau bangunan puskesmas yang luas namun perlu diperbaiki agar dapat berfungsi dengan lebih optimal.

Selain itu, kesempatan tersebut digunakan untuk berdialog dengan Kepala Puskesmas tentang kebijakan-kebijakan yang diambilnya untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kesehatan di wilayah tersebut.

Kunjungan kerja Bupati Banggai ke Kecamatan Nuhon, Bunta, dan Simpang Raya ini merupakan langkah nyata dalam memperkuat perekonomian desa dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi modal untuk mewujudkan visi Banggai yang maju, mandiri, dan sejahtera bagi seluruh warganya.Pungkasnya . ( *)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!