IMIP < Bawaslu-ads
KABAR NASIONAL

Kementerian ESDM Umumkan Penawaran WK Migas Tahap II Tahun 2023

316
×

Kementerian ESDM Umumkan Penawaran WK Migas Tahap II Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
Kementerian ESDM Umumkan Penawaran
Kementerian ESDM Umumkan Penawaran WK Migas Tahap II Tahun 2023

KABAR LUWUK – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan Penawaran Wilayah Kerja (WK) Migas Tahap II Tahun 2023. Serta melaksanakan penandatanganan Kontrak Bagi Hasil bersama dengan SKK Migas, BPMA dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama.

Hal tersebut dilaksanakan bertepatan dengan acara pembukaan IPA Convention & Exhibition ke-47 di ICE BSD Tangerang, Selasa (25/7).

Adapun tiga WK Migas yang ditawarkan pemerintah kepada pelaku usaha migas, yaitu:

NoWilayah KerjaLokasiLuas (Km2)Minimum Komitmen PastiMekanisme
1.Natuna D-AlphaLepas Pantai Natuna Timur10.291,03Komitmen Pasti 5 Tahun- Studi GGRPE- 1 sumurLelang Reguler*
2,PanaiDaratan dan Lepas Pantai Sumatera Utara dan Riau5.180,46Komitmen Pasti 3 Tahun- Studi G&G- 1 sumur eksplorasiLelang Reguler
3,PatinDataran Riau, Jambi dan Sumatera Barat5.440,85Komitmen Pasti 3 Tahun- Studi G&G- Akuisisi dan processing Seismik 2D 250 kmLelang Reguler
*)komponen lainnya yang dinilai dalam evaluasi lelang: rencana pembangunan fasilitas produksi, komitmen mulai produksi dan penambahan data seismic

Jadwal Lelang Reguler dari Lelang Wilayah Kerja Migas Tahap II Tahun 2023 adalah sebagai berikut:

a. Akses Bid Document: mulai tanggal 25 Juli 2023 s.d, 21 November 2023

b. Batas Waktu Pemasukan Dokumen Partisipasi: 24 November 2023

Bagi Badan Usaha dan Bentuk Usaha Tetap yang berminat, registrasi dan akses Bid Document dilakukan melalui website online lelang. Wilayah Kerja Migas sesuai dengan jadwal yang ada di https://esdm.go.id/wkmigas.

Komitmen Pemerintah

Pada kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji mengatakan bahwa pemerintah berkomitmen untuk mengembangkan sektor hulu migas, dan telah membuat kebijakan-kebijakan untuk mempermudah dan menarik investor sektor hulu migas agar berinvestasi di Indonesia.

Tutuka menyebut, beberapa peraturan perundangan Minyak dan Gas Bumi terus dibahas untuk dilakukan perbaikan-perbaikan salah satunya ketentuan di bidang fiskal yang melibatkan Kementerian Keuangan untuk menyempurnakan ketentuan yang ada dalam Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 2017 dan Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2017

“Hal tersebut diharapkan akan dapat menciptakan iklim investasi yang lebih menarik bagi investor dengan tetap mempertimbangkan upaya pengurangan emisi karbon yang saat ini menjadi konsep dunia internasional,” ujarnya.

Lebih lanjut, Tutuka menyebutkan bahwa penyempurnaan skema Kontrak Bagi Hasil Gross Split menjadi New Simplified Gross Split juga terus dilakukan, dengan semangat melakukan improvement dalam sistem pengelolaan minyak dan gas bumi untuk meningkatkan iklim investasi.

Penandatanganan Kontrak WK Migas

Pada kesempatan yang sama, Menteri ESDM menyaksikan penandatanganan Kontrak hasil lelang Wilayah Kerja bersama antara Pj. Gubernur Aceh, SKK Migas, BPMA dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama untuk WK Bunga dan WK Bireun Sigli.

Dari kedua WK Migas tersebut, total investasi komitmen pasti dari penandatanganan ini senilai USD40.000.000 dengan bonus tanda tangan sebesar USD1.100.000.

Kedua Kontrak Bagi Hasil Wilayah Kerja Eksplorasi tersebut berjangka waktu 30 tahun, dan seluruh Kontraktor Kontrak Kerja Sama telah menyelesaikan kewajiban finansial yaitu pembayaran bonus tanda tangan dan menyerahkan jaminan pelaksanaan sesuai ketentuan peraturan yang berlaku sebelum penandatanganan Kontrak Kerja Sama.

Adapun rincian kontrak kerja sama adalah sebagai berikut:

No.Wilayah KerjaKontraktorKomitmen Pasti danBonus Tanda Tangan
1Bunga. PT POSCO International ENP Indonesia (operator). PT Pertamina Hulu Energi North East JavaG&G dan Akuisisi Data Seismik 3D 350 km2; dengan total investasi senilai US$4,000,000Bonus Tandatangan : US$100,000
2Bireun SigliPT Aceh EnergyG&G; Akuisisi Data Seismik 23D 1.000 km2; dan 1 sumur eksplorasi dengan total investasi senilai US$36,000,000Bonus Tandatangan : US$1,000,000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!