IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Kejari Banggai  Tampilkan   “Program Om Jak  Menjawab” Diacara Pasar Murah

382
×

Kejari Banggai  Tampilkan   “Program Om Jak  Menjawab” Diacara Pasar Murah

Sebarkan artikel ini

“Jaksa  Handal  Kejari Banggai  Siap untuk Menjawab Pertanyaan   Masyarakat  terkait Masalah hukum”

KABAR LUWUK, BANGGAI  –  Kejaksaan Negeri Banggai disamping melaksanakan kegiatan Pasar murah guna membantu masyarakat dalam kebutuhan sehari hari, kali ini juga Kejaksaan Negeri Banggai telah meluncurkan program baru yakni  “ Om Jak” Menjawab , progam ini sangat membantu masyarakat apabila terkendala dengan masalah hukum, bertempat di lokasi  Eks. Pasar Malam, Selasa 31/1/2023.

Dalam Program Om Jak ini semua masyarakat diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan kepada para Jaksa yang bertugas di lokasi pasar rumah dan bertanya apa saja yang penting masih berkaitan dengan hukum yang selama ini Kejaksaan tangani. Kejaksaan Kabupaten Banggai saat ini telah memberikan edukasi kepada warga dengan cara pola pendekatan kepada warga, agar warga tidak merasa takut dan ragu dalam mempunyai suatu permasalahan terkait masalah hukum. 

Salah Satu Peserta Pengunjung dari Pelajar bertanya kepada Jaksa terkait Masalah hukum

Program “Jaksa Menjawab” dilatarbelakangi oleh keinginan dari Jaksa Agung ST Burhanuddin agar Jaksa selalu dekat dan berada di tengah masyarakat dimana bukan saja dalam rangka memberi penyuluhan dan penerangan hukum, tetapi menjawab persoalan hukum di masyarakat. Sebab selama ini pelayanan yang diberikan oleh Kejaksaan terkesan seolah-olah pelayanan hukum yang diberikan hanya melayani orang bermasalah sehingga membuat citra yang melekat di Kejaksaan hanya sebagai  penegakan hukum. Hal tersebut dijelaskan oleh Kapuspenkum dalam acara FGD Bidang Intel. Kapuspenkum juga menjelaskan bahwa program tersebut akan dibuatkan Instruksi oleh Jaksa Agung.

Program ‘Jaksa Menjawab’ merupakan program humanis yang akan dihadirkan secara berkelanjutan oleh setiap satuan kerja baik di pusat sampai ke daerah minimal sekali dalam seminggu. Adapun pelaksanaan program ini yakni dengan memanfaatkan keramaian dan kerumunan masyarakat seperti di pasar, pusat perbelanjaan, olahraga (car free day) atau tempat yang mudah diakses langsung oleh masyarakat. Dengan konsep “masyarakat bertanya, Jaksa Menjawab”, kehadiran Jaksa di tempat umum yakni untuk berkomunikasi langsung dengan masyarakat.”

Kejari Banggai, Raden Wisnu Bagus Wicaksono Saat memberikan jawaban kepada salah satu pengujung Pasar Murah Kejari Banggai

Kejari Banggai, Raden Wisnu Bagus Wicksono mengatakan bahwa progam Om Jak Menjawab ini merupakan singkatan dari  Obrolan Menarik Jaksa Menjawab,  ini program kita. Menurutnya selama ini kegiatan mereka kaku, karena pergi untuk  penerangan hukum atau penyuluhan hukum ketempat tertentu dan jaksa masuk sekolah , Jaksa Menyapa di radio dan televisi.

Sehingga Kata  Kajari Banggai, sekarang ini  kami lebih banyak turutn ke Masyarakat, dan pelaksanaan lebih diutamakan ditempat keramaian misalnya pengadaan pasar murah pengunjung banyak sambil bertanya langsung bisa konsultasi masalah hukum, kami sudah menyiapkan tenaga jaksa dari Kasi Pidum dan Kasi Intel Kejari untuk siap memberikan jawaban jika ada masyarakat yang bertanya, Ujar Raden Bagus Wicaksono.

Ia Juga menyampaikan target prorgam Om Jak Menjawab ini supaya kejaksaan diterima  masyarakat dan melihat kinerja kejaksaan hari demi hari yang semakin baik  dan Om Jak ini sebagai wadah penyuluh atau konsultasi hukum gratis , dan masyarakat semakin tahu terkait persoalan huum tentunau kerja dari kejaksaan,  Tutup Kepala Kejari Banggai. ***

Penulis  : Imam Muslik  ( Jurnalis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!