Tiga Nama Bakal Calon Wabup Putra Daerah Mengemuka

oleh -

KABAR LUWUK, Luwuk – Tahapan perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Banggai menyisakan waktu lima bulan lagi. Selain nama Calon bupati ternyata sejumlah nama bakal calon wakil bupati juga mengemuka, bahkan beberapa nama diantaranya merupakan putra daerah yang diharapkan bisa mewarnai pesta demokrasi di daerah ini.
Moh Baldi Suling salah satu tokoh pemuda Kecamatan Kintom Minggu (19/5) mengatakan, Syamsulbahri Mang atau biasa disapa OBAMA memegang mandat anak asli daerah sebagai calon bupati. Alternatif politik lainnya untuk menjadi bakal calon wakil bupati yakni Furqanuddin Masulili, Martono Suling dan Haris Hakim. Ketiga tokoh itu dinilai Badli, cukup matang baik dalam bidang birokrasi, konseptor dan eksekutor karena telah malang melintang didunia birokrasi.
“sangat realistis kalo diantara tiga tokoh ini kita dorong, ini juga cerminan asli putra daerah, karena masing memiliki basis massa serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing,” terang Baldi.
Ditambahkannya, ketiga tokoh ini bisa menempati posisi calon wakil bupati banggai dan dirinya yakin punya nilai jual, karena para pendukungnya pasti fanatik, hanya saja partai apa yang akan menggaet mereka itu menjadi pertanyaan kedepan.
“Pada dasarnya dikalangan bawah ke tiga tokoh ini sedang diperbincangkan,entah akan berpasangan dengan Petahana atau akan menjadi saingan di Pilkada nanti,” tambahnya.
Penyampaian ketua HMI Cabang Luwuk yang sesumbar bahwa Herwin Yatim akan melawan kotak kosong dinilai Baldi Suling tidak masuk akal dan hal itu merupakan pemikiran buntu. Bahkan jika memang itu terjadi maka akan menjadi kemunduran demokrasi di daerah ini. Namun Baldi yakin para penantang petahan sudah siap dengan calonnya masing-masing meramaikan perhelatan Pilkada Banggai 2020 mendantang. (ikb)