Siapa Banderilleros PDIP di Pilkada Banggai ??

oleh -

Catatan Oleh : Irwan K Basir

KABAR LUWUK, BANGGAI – Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banggai tahun 2020 semakin memanas, dua kandidat internal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) saat ini dikabarkan tengah memperebutkan rekomendasi partai untuk maju dalam pertarungan pesta demokrasi lima tahunan itu. Herwin Yatim sang petahana dan Sri Indraningsih Lalusu anggota DPR Provinsi Sulteng empat periode digadang-gadang bakal jadi Banderilleros yang nasibnya ditentukan oleh sang Torero dalam pertarungan adu banteng ala Spanyol.

Kata Banderilleros mungkin tidak familiar di telinga kita, namun pada pertunjukan adu banteng posisi Banderilleros atau pembawa bendera ini sangatlah penting tidak kalah penting dengan posisi Torero atau pelaku utama dalam pertarungan manusia melawan banteng. Herwin Yatim dan Sri Indraningsih Lalusu sebagai pembawa bendera PDIP sudah pasti memiliki peluang yang sama karena dua kader PDIP ini memiliki berbagai keunggulan. Kendati sebagai Banderilleros tingkat kabupaten namun Herwin Yatim telah mampu membawa partai berlambang banteng moncong putih ini keluar sebagai jawara pada Pemilihan Anggota Legislative (Pileg) DPRD Banggai bahkan secara otomatis menempatkan anggotanya sebagai pemegang palu sidang di parlemen Lalong. Sepuluh kursi yang diraih PDIP adalah bukti Herwin Yatim selaku Banderilleros layak mendapatkan rekomendasi untuk kedua kali pada Pilkada Banggai.

Demikian juga Sri Indraningsih Lalusu selaku Banderilleros tingkat provinsi, dia telah mampu memperlihatkan eksistensi serta mempertunjukan konsisten para konsituen militan terhadap kader perempuan PDIP ini. Empat periode di DPR Provinsi Sulawesi Tengah merupakan torehan yang sulit diraih Aleg wilayah daerah pemilihan (dapil) VI  yakni Banggai, Bangkep, Balut. Sehingga sebagai Banderilleros banyak pihak yakin SIL demikian nametag yang melekat padanya akan memperoleh rekomendasi yang ditandatangani sang Torero Megawati Soekarno Putri.

Megawati Soekarno Putri sebagai Torero  memiliki kemampuan yang sudah tidak lagi diragukan, bukan hanya mampu melahirkan bupati dan gubernur namun ditangannya jabatan Presiden Republik Indonesia pun bisa dihasilkan. Pertanyaan yang muncul saat ini yakni siapa pembawa bendera PDIP pada Pilkada Banggai 2020 yang bakal ditunjuk Torero.

Hanya saja sampai saat ini para pengurus dan anggota PDIP baik tingkat kabupaten maupun provinsi belum mau bersuara mengenai pembawa bendera yang akan ditunjuk oleh sang Torero. Hal ini tentu saja menyimpan tandatanya besar, padahal sebagai petahana Herwin Yatim telah mempersiapkan diri melanjutkan kepemimpinannya baik sebagai Banderilleros tunggal maupun didampingi Mustar Labolo. Demikian pula SIL kader perempuan terbaik, Aleg empat periode asal PDIP ini sudah sangat kencang menabuh genderang akan maju dalam Pilkada Banggai.

Kita tunggu saja kepada siapa Torero memberikan bendera PDIP dalam Pilkada Banggai nanti, karena kedua Banderilleros internal PDIP memiliki kemampuan yang sama. ***