Nasdem Lakukan Survey Bakal Calon Pilkada Banggai dan Balut

oleh -

KABAR LUWUK, PALU – Partai Nasional Demokrat (Nasdem) saat ini fokus pada perhelatan pesta demokrasi lima tahunan yakni Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar tahun 2020 mendatang. Untuk memastikan siapa saja yang dapat mewakili partai serta mendapat rekomendasi partai maka sejak beberapa waktu lalu telah dilakukan survey disejumlah kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah. Hal itu diungkap Ketua DPW NasDem Atha Mahmud kepada media ini, Kamis (22/8) di Kantor DPW NasDem Palu.

Atha Mahmud mengatakan, saat ini tim survey telah turun kelapangan guna melihat secara langsung kader partai dan tokoh yang ada di kabupaten dan kota yang nantinya bakal diusung partai ikut dalam perhelatan Pilkada termasuk Kabupaten Banggai dan Banggai Laut. Hanya saja menurut Atha sampai saat ini survey itu masih berlangsung sehingganya belum ada nama yang kemudian dipastikan bakal diusung partai.

Selain itu mekanismenya kata Atha masih panjang, dimana hasil survey itu nantinya akan disusun dan diusulkan DPW NasDem Sulteng ke DPP NasDem. Hanya saja Atha meyakinkan nama-nama hasil survey itu yang kemudian akan diusulkan partai bertarung dalam perhelatan Pilkada bisa diketahui pada Oktober 2019 mendatang.

“Sampai sekarang belum ada yang ditetapkan, kita sedang mensurvey dan tim telah turun lapangan menjaring dan melihat siapa yang bakal diusung partai. Bulan sepuluh (Oktober-red) sudah akan kita ketahui siapa saja yang akan ditetapkan partai,” kata Atha.

Ditambahkan Ketua DPW NasDem Sulteng, pihaknya akan memberlakukan hal yang sama dalam proses penjaringan atau survey. Hanya saja NasDem akan mendahulukan atau mengutamakan kader mereka untuk kemudian calon lainnya.

“Kita memberlakukan sama, namun kita lebih mengutamakan dulu kader partai, kalau ada kader yang utama atau menonjol maka sudah barang tentu akan kita usung. Jika tidak ada baru kemudian calon lain,” tambahnya.

Kita lihat saja nanti siapa tokoh atau yang mendapat daulat partai NasDem khususnya dalam perhelatan Pilkada di Banggai dan Balut. (ikb)