Debat Publik Pilgub Sulteng, Rusdi Mastura Sebut Anggaran Pendidikan Sulteng Cuma 9%, Ternyata Capai 37,72%

oleh -

KABAR LUWUK, PALU – Debat Publik Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tengah 2020 putaran kedua diwarnai adu data antarpasangan. Calon Gubernur Rusdi Mastura bahkan menyebut dia menggunakan ‘data resmi Google’.

Rusdi menyebut bahwa ia memakai ‘data resmi Google’ saat membahas soal anggaran pendidikan Sulawesi Tengah.

Mantan Walikota Palu itu menyebut bahwa anggaran pendidikan di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Sulawesi Tengah hanya sebesar 9 persen. Ia merujuk ‘data resmi’ mesin pencari raksasa Google.com.

Benarkah anggaran pendidikan di Sulteng hanya 9%?

Penelusuran:

Dari penelusuran media ini pernyataan Rusdi Mastura itu keliru. Dari penelusuran media di mesin pencarian Google.com, tidak ditemukan data yang menyebut anggaran pendidikan Sulteng hanya 9 persen. Artinya itu adalah pernyataan keliru Rusdi Mastura. 

Yang benar adalah sesuai Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 903-3825 Tahun 2020 atas Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah tentang Perubahan Anggaran Pendapatan

dan Belanja Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Tahun Anggaran 2020 dan Rancangan Peraturan Gubernur Sulawesi Tengah tentang Penjabaran Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020, anggaran pendidikan kita mencapai 37,72% dari total belanja daerah sebesar Total Belanja Daerah sebesar Rp4.5 Triliun.

Kesimpulan:

Pernyataan Rusdi Mastura yang menyebut bahwa anggaran pendidikan Sulawesi Tengah hanya 9% adalah salah. Faktanya adalah anggaran pendidikan kita mencapai 37,72% dari total belanja daerah sebesar Total Belanja Daerah sebesar Rp4.5 Triliun. Jadi pernyataan Rusdi Mastura yang menyebut ia merujuk pada ‘data resmi Google’ adalah mengada-ada dan tidak benar. ***