Operasi Ketupat 2019 Polres Banggai Kerahkan 230 Personil

oleh -

KABAR LUWUK, Luwuk – Pelaksanaan pengamanan perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah tahun 2019 di Kabupaten Banggai telah dimulai dengan ditandai adanya apel kesiapan yang digelar Selasa (28/5) di halaman Mapolres Banggai. Sekira 230 personil gabungan dilibatkan dalam pengamanan dengan sandi operasi “ketupat”. Waka Polres Banggai Kompol Sapri Helmi mewakili Kapolres Banggai memimpin pelaksanaan apel gelar pasukan yang diikuti personil TNI, Dishub, Satpol PP, Basarnas, Jasa Raharja, ASDP, Dinas Kesehatan dan anggota Pemadam Kebakaran.

Waka Polres Banggai pada gelar apel pasukan membacakan amanat Kapolri yang berisi dua tujuan yakni apel gelar pasukan diselenggarakan untuk mengecek kesiapan personil, peralatan dan seluruh aspek operasi termasuk sinergitas dan soliditas komponen penyelenggara. Apel gelar pasukan diselenggarakan juga dengan maksud untuk menunjukkan kesiapan penyelengaraan operasi kepada publik sehingga akan menumbuhkan ketenangan, rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Untuk mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan operasi ketupat ada empat pedoman yang wajib dilaksanakan yakni mempersiapkan secara optimal seluruh aspek penyelenggaraan operasi sehingga dapat terselenggara dengan sukses, aman dan lancar. Kedua terus mempertahankan kesiapsiagaan dan kewaspadaan seluruh personil dalam menghadapi setiap potensi gangguan sepanjang penyelenggaraan operasi termasuk terus menjaga dan pelihara soliditas dan sinergitas seluruh komponen penyelenggaran operasi. Hindari pelanggaran dan perilaku yang dapat mencederai keberhasilan pelaksanaan tugas dan terakhir adalah melaksanakan setiap penugasan dengan penuh semangat, kebanggaan dan tanggungjawab demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

Terpisah Kapolres Banggai AKBP Moch. Sholeh yang dimintai keterangan menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Banggai yang hendak melaksanakan mudik atau keluar daerah agar terlebih dahulu mengecek seluruh peralatan listrik yang ada dirumah dan tidak terpakai untuk dimatikan. Kapolres juga menghimbau agar memeriksa pintu-pintu dan jendela rumah dalam keadaan terkunci, terkait barang-barang berharga untuk diamankan sebaik mungkin agar tidak menjadi sasaran pencuri.

“Untuk kendaraan bermotor sebaiknya disimpan dalam rumah jika perlu diberikan kunci pengaman tambahan atau jika merasa khawatir kami (Polres jajaran-red) siap menerima penitipan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan syarat kendaraan yang dititipkan memiliki kelengkapan surat kendaraan,” terang perwira dua melati ini.

Kapolres juga berpesan agar para pemudik tidak memaksakan diri dalam mengendarai kendaraannya. Dirinya mempersilahkan kepada para pengendara untuk beristirahat di pos pelayanan dan pos pengamanan yang tersedia disetiap wilayah Polres jajaran.

“Istirahat kalau capek maupun ngantuk di pos pelayanan dan pos pengamanan, pastikan saat istirahat tidak ada penumpang dalam mobil karena bisa berakibat fatal berupa mati lemas. Selain itu pastikan di cek terlebih dahulu kelengkapan dan perlengkapannya,” tambah AKBP Moch Sholeh.

Terkait kendaran umum yang meladeni pemudik, jajaran Polres Banggai akan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan melakukan pengecekan kelayakan operasi guna memastikan kendaraan layak jalan sehingga memberikan rasa aman dan nyaman terjadap para pemudik. (ikb)