Upaya Kapolsek Batui Menebar Kebahagiaan Menuai Senyum , Melalui Kegiatan Bedah Rumah

oleh -

Air mata bahagia Maasia Nyamang (80) wanita kepala rumah tangga yang tinggal di Kelurahan Lamo, Kecamatan Batui, ini menetes tatkala rumahnya yang semula reot beratapkan rumbia dengan sejumlah dinding bocor selesai diperbaiki oleh Kapolsek Batui IPTU I Ketut Yoga Widata bersama jajarannya sehari jelang lebaran Idul Fitri 1441 Hijiriyah Tahun 2020. Mulutnya terbata-bata menyampaikan rasa ucapan terimakasih atas perhatian yang diberikan perwira dua balak yang memimpin Polsek Batui ini. Ungkapan doa yang samar terdengar adalah bahasa yang dapat ia sampaikan kala itu.

Rumah nenek Maasia Nyamang yang telah selesai dikerjakan Kapolsek Batui IPTU I Ketut Yoga Widata bersama jajarannya. (Foto :Dok Polsek Batui)

KABAR LUWUK, BANGGAI – Kapolsek Batui IPTU I Ketut Yoga Widata pada hari ini tepat berulangtahun salah satu kado terindah yang ia peroleh pada hari bahagianya itu yakni senyum bahagia nenek Maasia Nyamang salah satu warga Kelurahan Lamo, Kecamatan Batui yang rumahnya telah selesai di rehab melalui kegiatan bedah rumah.

Kondisi rumah nenek Maasia Nyamang sebelum dilakukan bedah rumah oleh Kapolsek Batui IPTU I Ketut Yoga Widata bersama jajarannya. (Foto :Dok Polsek Batui)

Kepada media ini ia mengatakan, pelaksanaan bedah rumah itu merupakan implementasi dari arahan dan petunjuk Kapolres Banggai AKBP Budi Priyanto, S.Ik, M.Si yang senantiasa mengajarkan jajarannya untuk selalu berbagi kepada masyarakat. Pesan paling penting yang selalu diingat IPTU I Ketut Yoga Widata yakni “Tidak perlu menjadi istimewa, cukup tampil apa adanya. Yang penting bisa membuat masyarakat tersenyum bahagia” sehingga diwujudkan dengan melakukan kegiatan bedah rumah salah satu warga di Kecamatan Batui.

Pelaksanaan bedah rumah itu kata Kapolsek Batui dilaksanakan sejak hari Rabu (20/5/2020) dan selesai pada Sabtu (23/5/2020) atau sehari jelang lebaran Idul Fitri. Pengerjaan bedah rumah itu kata I Ketut Yoga Widata dilakukannya bersama seluruh anggota Polsek Batui yang dibantu warga sekitar. Pemilihan rumah nenek Maasia Nyamang katanya berdasarkan hasil kunjungan ia bersama jajaran saat mengantarkan bantuan dalam kegiatan senin bersedekah yang merupakan program Kapolres Banggai.

Proses pengerjaan pembangunan rumah nenek Maasia Nyamang oleh Kapolsek Batui dibantu warga sekitar, (Foto :Dok Polsek Batui)

Kapolsek Batui bersama jajarannya melihat nenek berusia senja ini tinggal serumah bersama satu orang anaknya yang mengalami strok dan dua orang cucu. Selama ini nenek Maasia Nyamang mengharapkan bantuan dari tetangga untuk kehidupan sehari-harinya. Selain itu rumah nenek Maasia Nyamang kondisinya kurang layak untuk ditempati terlihat sejumlah dinding papan bekas yang sudah rusak serta atap rumbia yang telah rusak hingga pada saat penghujan maka dipastikan air akan merembes masuk kedalam rumah. Hal itu yang kemudian membuat ia bersama anggota Polsek Batui tergerak melakukan bedah rumah.

Secara rinci IPTU I Ketut Yoga Widata mengatakan, proses bedah rumah yang dilakukan berupa membongkar rumah lama dan dibangun baru. Selain itu Kapolsek Batui juga menambah volume bangunan rumah yang semula hanya berukuran 6 meter x 3 meter dengan 1 kamar tidur dan ruang keluarga, menjadi ukuran 6 meter x  7 meter dengan 2 Kamar tidur, ruang tamu dan ruang keluarga. Tidak hanya itu ia bersama jajarannya juga menganti atap rumah yang semula terbuat dari atap rumbia menjadi atap seng termasuk mengganti keseluruhan rangka/konstruksi rumah dan dinding rumah yang sudah rusak lapuk dan dimakan rayap.

Proses pengerjaan pembangunan rumah nenek Maasia Nyamang oleh Kapolsek Batui dibantu warga sekitar, (Foto :Dok Polsek Batui)

Bahkan dilaksanakan pula pengecoran lantai yang semula hanya berlantai tanah kini menjadi lantai semen dengan disertai pelaksanaan pengecetan dan proses finishing lainnya.

Berdasarkan pengakuan Nenek Maasia Nyamang, dirinya selama ini belum pernah menerima bantuan dalam bentuk apapun dari pemerintah. Polsek Batui selama ini telah sekira enam  kali memberikan bantuan sembako melalui program Bosque dari Kapolres Banggai yang diserahkan melalui Polsek Batui.

“Giat bedah rumah ini adalah bentuk kepedulian Kapolsek Batui dan anggota Polsek Batui kepada WARGA masyarakat yang kurang mampu/ekonomi lemah, cacat, sakit kronis, janda, duda dan yatim piatu yang ada di Kecamatan Batui dengan harapan dapat membantu meringankan beban mereka dan bisa tinggal di rumah yang lebih layak untuk di tempati. Hal ini juga merupakan implementasi dari arahan dan petunjuk serta pesan Kapolres Banggai yang jadi pemacu jajaran menjalankan misi-misi kemanusiaan,” kata Kapolsek Batui IPTU I Ketut Yoga Widata.

Tentu saja apa yang dilaksanakan oleh Polsek Batui mendapat apresiasi masyarkat, pihak Keluarga dan masyarakat serta pemerintah Kelurahan Lamo mengucapkan terimakasih kepada Kapolsek Batui dan anggotanya yang telah peduli dengan masyarakat Batui dan Batui Selatan. Mereka mendoakan kepada semua anggota/keluarga besar Polres Banggai dan Polsek Batui dijauhkan dari balabencana, selalu diberi kesehatan,  kemudahan serta kelancaran dalam menjalankan tugas Kepolisian.

Nenek Maasia Nyamang bersama Kapolsek Batui dan jajarannya berfoto usai penyerahan bedah rumah dilaksanakan. (Foto :Dok Polsek Batui)

Kapolsek Batui pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasih Kepada Kapolres Banggai yang selama ini telah mendukung dan membantu sehingga kegiatan bedah rumah itu bisa terlaksana dengan lancar. Ia juga berterimakasih kepada anggota Polsek Batui, Aipda AZHAR selaku Babinkamtibmas Desa Ondo Ondolu yang telah membantu Kapolsek Batui dalam kegiatan bedah rumah serta anggota lainnya juga warga Kelurahan Lamo yang ikut membantu proses pengerjaan bedah rumah sehingga terlaksana dengan lancar.

Dibarengi dengan doa, sekira pukul 11.30 wita, Kapolsek Batui bersama bersama Kanit Sabhara IPDA AL  AMIN didampingi oleh Aipda Azhar Babinkamtibmas Desa Ondo Ondolu dan Bripka Usman Babinkamtibmas Desa Uso menyerahkan rumah hasil dari bedah rumah Polsek Batui kepada Nenek Maasia Nyamang. (***)

Baca Juga  Polsek Toili, Salurkan Kembali Bansos Bagi Warga Terdampak Covid 19