Transmisi Lokal dan Klaster Lingkungan Kerja Ancaman Pandemi Covid-19 di Banggai

oleh -
foto : Brindonews.com

Satgas Covid Diminta Segera Lakukan Tes Massal di Lingkungan Perusahaan Yang Ada di Banggai

KABAR LUWUK, BANGGAI – Penyebaran pandemi covid-19 di wilayah Kabupaten Banggai terus melonjak naik, berdasarkan update Pusat Data dan Informasi Covid Pemprov Sulteng jumlah komulatif kasus terkonfirmasi positif corona di Banggai berjumlah 143 kasus. Hal ini kemudian menempatkan daerah penghasil gas ini berada di posisi ke dua setelah Palu yang berjumlah 381. Bahkan tercatat ada empat kasus komulatif yang dinyatakan meninggal terkonfirmasi  covid.

Satgas Covid-19 Kabupaten Banggai sejak 6 Agustus 2020 telah menyatakan bahwa Luwuk sudah transmisi lokal penyebaran pandemi covid-19. Dengan artian kasus infeksi yang terjadi antar masyarakat, hanya melibatkan masyarakat. Keberadaan virus sudah tersebar di tengah masyarakat lokal itu sendiri, sehingga seseorang bisa terinfeksi tanpa harus bepergian ke luar wilayah atau bertemu dengan orang asing dari luar wilayahnya.

Baca Juga  Karyawan JOB Tomori dan Mitra Kerja Distribusikan 22 Ekor Sapi Qurban

dr. Arina Heidyana dari KlikDokter menjelaskan transmisi lokal merupakan penularan yang tidak terjadi karena riwayat bepergian ke luar negeri dan bukan karena berkontak dengan orang yang secara sadar mengetahui bahwa dirinya positif COVID-19. Seseorang tertular dari media yang tidak diketahui alias tidak tahu apa faktor penularannya. Bisa dari orang atau faktor lain. Kalau pun dari orang, orangnya pun tak sadar kalau dia sebenarnya membawa virus. Karena itulah, penularan coronavirus melalui transmisi lokal ini lebih berbahaya karena susah ditelusuri dan bisa menyebar ke mana-mana.