TNI-Polri Amankan Pelaksanaan Misa Kamis Putih di Gereja Katolik Bunda Hati Kudus Desa Tone

oleh -

Kapolsek Totikum memimpin kegiatan pengamanan tersebut bersama Danpos Totikum Koramil 1308-10/Salakan

KABAR LUWUK, BANGGAI KEPULAUAN – TNI-Polri yang ada di Kecamatan Totikum pada Kamis (1/4/2021) melaksanakan pengamanan gereja katolik dalam rangka pelaksanaan Misa Kamis Putih oleh Paroki Bunda Hati Kudus Sambit di Desa Tone, Kecamatan Totikum.

Kapolsek Totikum IPDA Muh Abdurrahman Afif Hasibuan, S.Tr.K., memimpin kegiatan pengamanan tersebut bersama Serma J. Ferry Danpos Totikum Koramil 1308-10/Salakan, melibatkan personil jajaran Polsek Totikum. Kegiatan yang dimulai sejak pukul 19.00 wita dan berakhir pada pukul 20.45 wita itu berjalan aman, lancar dan tertib.

IPDA Afif pada kegiatan itu memberikan penyampaian agar seluruh masyarakat di wilayah Kecamatan Totikum dan Totikum Selatan untuk melaksanakan kegiatan peribadatan secara khidmad dan damai dengan tetap mempedomani protokol kesehatan. TNI bersama Polri katanya senantiasa hadir menjaga dan memelihara keamanan masyarakat dari ancaman maupun gangguan dalam bentuk apapun, terkhusus di wilayah Kecamatan Totikum dan Totikum Selatan. Perwira satu balak ini juga menyampaikan ucapan selamat hari Raya Paskah bagi umat yang merayakan.

Baca Juga  Jaga Kehandalan Operasi, DSLNG Laksanakan Vaksinasi Kedua

Pastor Tobias Farneubun, MSC yang memimpin ibadah malam kamis putih itu menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran TNI dan Polri dalam pengamanan di gereja mereka guna kelancaran pelaksanan misa kamis putih itu. Mewakili pihak gereja katolik paroki “Bunda Hati Kudus Sambiut” mereka bersyukur kepada TNI dan Polri yang bersungguh-sungguh menjaga dan mengamankan pelaksanaan misa. Hari ini perayaan “Jumat Agung” juga akan dilakukan pengamanan oleh TNI dan Polri di wilayah itu.

“Terima kasih atas kehadiran TNI dan Polri yang telah mengambil waktu dalam pengamanan di gereja kami demi kelancaran Misa Kamis Putih ini, dan kami dari pihak gereja katolik paroki “Bunda Hati Kudus Sambiut” merasa sangat bersyukur bahwa TNI-Polri sungguh-sungguh telah memperhatikan kami dalam kegiatan pada malam hari ini, dan besok masih ada kegiatan perayaan “Jumat Agung” dimana Isa Almasi mati menderita untuk anak kita sekalian umat kristiani,” ujar Pastor Tobias Farneubun, MSC .

Baca Juga  Ketua PKK Sulteng Bagikan Bantuan Suplemen Ke Nakes

Pastor Tobias juga menyampaikan, selanjutnya, untuk hari sabtu tanggal 3 april 2021, mereka juga akan merayakan malam ke 7 (tujuh) Paskah. Mereka masih tetap mengharapkan kehadiran TNI-Polri dalam penjagaan pengamanan gereja, sehingga pada situasi saat ini kita juga perlu sama sama waspada, sehinga jangan sampai terjadi hal-hal yang kita tidak inginkan bersama.

“Sekali lagi kami dari seluruh umat Paroki Bunda Hati Kudus Sambiut pada malam hari ini sunggu-sunggu berterima kasih atas penjagaan atau pengamanan oleh pihak keamanan TNI dan Polri dari Kecamatan Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan,” tambahnya.

Donal salah seorang Tokoh Masyarakat Desa Tone yang juga jemaat gereja Bunda Hati Kudus Sambiut menyampaikan selaku tokoh masyarakat dari umat kristiani jemaat Paroki Bunda Hati Kudus Sambiut yang ada di Desa Tone Kecamatan Totikum, sangat berterima kepada TNI-Polri atas kehadiran dalam membantu pengamanan di gereja kami ini.

Baca Juga  Kapolres Banggai Pimpin Upacara Pemakaman Wakapolres Almarhum Kompol Reki Hendra Lumintang

Pihaknya memahami dengan benar apa yang menjadikan kehadiran pihak keamanan dari TNI-Polri dalam kegiatan Misa Kamis Putih di gereja kami, karena kami ketahui bersama bahwa beberapa hari yang lalu telah terjadi kejadian di Kota Makassar dan Jakarta.

“Sekali kali lagi, kami dari tokoh masyarakat berterima kasih banyak dan sangat mengapresiasi atas partisipasi dan kehadiran pihak keamanan TNI-Polri, dan besok hari sampai hari senin, kami berharap agar pihak TNI-Polri masih bisa untuk membantu lagi dalam proses pengamanan agar ibadah kami berjalan dengan lancar, aman  dan tertib. Harapannya kami dari umat kristiani, agar dalam kegiatan pengamanan ini tetap berjalan dengan baik, lancar dan aman sesuai yang kami diharapkan,” ucapnya. (Arman Londomi/KL)