Tim Kemenko Kemaritiman Tinjau Kesiapan Lomba Mancing Internasional Banggai

oleh -

KABAR LUWUK, Luwuk – Menjadi tuan rumah dalam perlombaan mancing tingkat internasional merupakan prestasi luar biasa bagi Kabupaten Banggai, Bangkep dan Balut. Sebagai tuan rumah sudah barang tentu sejumlah persiapan harus dimatangkan sejak jauh hari. Untuk meninjau kesiapan pelaksanaan lomba itu, Tim Kemenko Kemaritiman Republik Indonesia yang diketuai oleh Kosmos Harefa serta Tim Forum Group Discusion (FGD) pada Jumat (21/6) menggelar pertemuan sekaligus ramah tamah yang digelar di salah satu hotel di Kabupaten Banggai.

Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim, MM yang kebetulan tengah melaksanakan tugas keluar daerah pada saat itu mendelegasikan Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Ir. Abdullah Ali,  Msi untuk menerima dan melaksanakan ramah tamah dengan Asisten Deputi Seni Budaya dan Olahraga Bahari Kemenko Kemaritiman RI dan jajarannya serta Tim Forum Group Discusion (FGD).

Kedatangan Tim Kemenko Kemaritiman RI dan Tim FGD tersebut adalah dalam rangka untuk merumuskan serta merencanakan persiapan gelaran Internasional Tuna Fishing Tournamen 2019 yang akan di gelar pada bulan September  2019 mendatang. Dimana Kabupaten Banggai dan Kabupaten tetangga yakni Bangkep dan Balut sebagai tuan rumah pelaksanaan  lomba tersebut.

Baca Juga  Polsek Toili, TNI dan Satgas Covid Gerak Cepat Penyemprotan Densifektan, Guna Tekan Penambahan Angka Covid 19

Bupati Banggai yang diwakili Sekda Ir. Abdullah Ali,  Msi dalam sambutannya mengucapan selamat datang kepada para tamu undangan.  Mengawali sambutanya Abdullah Ali menyampaikan salam hormat dan permohonan maaf Bupati dan Wakil Bupati yang tidak sempat hadir bersama sama karena saat yang bersamaan berada di luar daerah dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.

Sekda saat itu memaparkan kepada tim tentang kondisi geografis dan potensi yang dimiliki daerah Kabupaten Banggai termasuk potensi kemaritiman. Sementara itu Asisten Deputy Seni Budaya dan Olahraga Bahari Kemenko Kemaritiman RI Kosmos Harefa dalam sambutannya mengatakan,  kedatangan ke Kabupaten Banggai merupakan kali kedua dimana sebelumnya pada saat itu mendampingi Menteri Susi Pudjiastuti menghadiri pelaksanaan peringatan Hari Nusantara yang di pusatkan di Luwuk. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi Pemda Banggai yang responsif terhadap pelaksanaan mancing internasional itu.

Baca Juga  Tim Sat Sabhara Polres Banggai Dukung Nakes Tangani Covid-19

“ Sesungguhnya banyak daerah di Indonesia yang menginginkan sebagai tuan rumah lomba ini,  tapi terbentur masalah fisikologis. Berbeda dengan Kabupaten Banggai yang pemerintahnya sangat resposif dan komitmen, sehingga Banggai dipercaya sebagai tuan rumah bersama kabupaten sekitar sebagai pelaksanaan kegiatan Tuna Fishing Tournamen 2019,” katanya.

Hadir dalam acara tersebut antara lain,  sejumlah Kepala Bagian dari Kemenko Kemaritiman,  selain itu hadir pula Iwan Ridwan dari Federasi Mancing seluruh Indonesia, Kadis Perikanan Kabupaten Banggai Drs. Benyamin  Pongdat,Msi, Sekdis Dispar Banggai Hj. Rampia Laamari, S. Sos,  Ketua Asosiasi Jaringan Kapal Rekreasi Indonesia, Suryani Mille, Kabag Umum dan Undangan lainnya.

Kendati masih akan digelar pertemuan lanjutan namun bisa dipastikan Kabupaten Banggai siap menjadi tuan rumah dan mensukseskan acara berskala internasional itu. Kabupaten Banggai Kepulauan dan Banggai Laut juga dipastikan akan mendukung dalam suksesnya pelaksanaan lomba yang rencananya diikuti oleh sejumlah pemancing internasional dan diliput oleh sejumlah stasiun televisi nasional dan internasional. (ikb)