Home / KABAR DAERAH / Banggai / Tim Gugus Tugas Covid-19 Balantak Selatan Lakukan Rapid Tes, Hasilnya Dua Reaktif Virus

Tim Gugus Tugas Covid-19 Balantak Selatan Lakukan Rapid Tes, Hasilnya Dua Reaktif Virus

KABAR LUWUK, BANGGAI – Sejumlah orang yang diduga kuat melakukan perjalanan dari zona merah dalam rangka mengikuti kegiatan ijtima ulama di Kabupaten Gowa dan Surabaya  yang kemudian kembali di Kabupaten Banggai tepatnya di wilayah Kecamatan Balantak Selatan di uji darah atau rapid tes oleh tim gugus tugas kecamatan. Hasilnya dari empat orang yang di uji rapid dinyatakan reaktif. Hal itu diungkap Danramil 1308-05/Balantak Kapten Inf Kondi Karim yang merupakan anggota tim satgas kecamatan.

Dijelaskan Danramil Balantak, pada hari Rabu (20/5/2020) bertempat di Puskesmas Balantak Selatan, Kabupaten Banggai sekira pukul 11.00 wita telah dilaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan berupa rapid tes oleh tim gugus tugas penanganan dan pencegahan covid-19 Kecamatan Balantak Selatan terhadap emapt orang warga di Kecamatan Balantak Selatan. Pemeriksaan itu dilakukan kepada empat warga  yang telah kembali dari melaksanakan kegiatan Ijtima Ulama pada bulan april 2020, di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, Surabaya Jawa Timur, dan kembali di Kota Palu Sulawesi Tengah, selanjutkan melanjutkan perjalanan ke Luwuk Kabupaten Banggai.

 

Danramil Balantak menjelaskan, pada sekitar pukul 09.00 wita, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Balantak Selatan yang dipimpin Danramil 1308-05/Balantak Kapten Inf Kondi Karim, yang terdiri dari 3 orang Personil  TNI AD Koramil 1308-05/Balantak, 5 orang Personil Polri dari Polsek Balantak Polres Banggai, 10 orang Timkes dari Kecamatan Balantak Selatan melaksanakan rapid test terhadap keempat orang masyarakat Kecamatan Balantak Selatan, bertempat di Puskesmas Balantak Selatan.

Pada sekira pukul 11.00 wita, Timkes Balantak Selatan menyampaikan kepada Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kecamatan Balantak Selatan, bahwa dari hasil rapid tes terhadap keempat orang warga yang kembali dari Ijtima ulama tersebut dinyatakan ada 2 orang yang reaktif virus. Sehubungan dengan hal tersebut, oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Balantak Selatan melaporkan perihal tersebut kepada Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Banggai dan selanjutnya keempat warga tersebut akan dijemput dan di rujuk ke RSUD Luwuk Kabupaten Banggai untuk dikarantinakan, sambil menunggu pemeriksaan hasil Swab dari Kota Palu.

Usai menerima informasi itu, sekira pukul 19.15 wita, Timkes Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Banggai menjemput empat orang pasien itu yang dipimpin Danramil 1308-05/Balantak Kapten Inf Kondi Karim ke rumah masing-masing warga.

 

“Pada sekira pukul 19.30 wita, Tim gabungan gugus tugas Covid-19 dipimpin saya selaku Danramil 1308-05/Balantak, melaksanakan kegiatan penjemputan terhadap keempat orang pasien itu di rumahnya masing-masing, penjemputan itu selesai pada sekira pukul 20.30 wita. Keempat orang pasien sudah berhasil dijemput di rumah masing-masing dengan aman, selanjutnya Timkes penjemputan langsung membawa keempat orang pasien itu menuju Luwuk,” terang Danramil 1308-05/Balantak Kapten Inf Kondi Karim.

Rencananya keempat orang ini akan dilakukan karantina termasuk melakukan uji sampel dahak tenggorokan atau swab guna mengetahui lebih lanjut apakah reaktif hasil rapid tes itu menjurus pada covid-19 atau bukan.

Pada kesempatan itu Danramil 1308-05/Balantak Kapten Inf Kondi Karim meminta agar masyarakat tidak panik, tetap waspada dan mengikuti imbauan pemerintah seperti menjaga jarak, tidak keluar rumah jika tidak penting, tidak berkumpul di keramaian dan memakai masker jika terpaksa keluar rumah. Selain itu Danramil Balantak juga meminta agar warga melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat. (IkB)

0 Reviews

Write a Review

About irwankabarluwuk

Check Also

LSM GAM Sampaikan Terimakasih Kepada AKBP Budi Priyanto dan Ucapkan Selamat Bertugas AKBP Satria Adrie Vibrianto di Polres Banggai

KABAR LUWUK, BANGGAI – Menjadi mitra kerja sosial pada kegiatan Sabtu Pagi Kota Bersih atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!