SPBU Bungin Timur Sebabkan Macet, Warga Minta Izin Ditinjau

oleh -

KABAR LUWUK, BANGGAI – Sejumlah pengendara yang melintasi jalan Imam Bonjol, Kelurahan Bungin Timur mengeluhkan keberadaan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang berada tepat di depan Depo Pertamina. Pasalnya SPBU itu kerap kali membuat macet arus lalulintas sehingganya warga berharap agar izin operasi SPBU itu ditinjau kembali.

Sejumlah warga kepada media ini mengatakan, pada beberapa pekan terakhir ini keberadaan SPBU di Kelurahan Bungin Timur itu justru menjadi penyebab macet arus lalulintas. Kendaraan yang antri di SPBU itu mengular yang menempati badan jalan. Sehingganya praktis hanya satu jalur kendaraan yang bisa lewat yang otomatis membuat macet arus lalulintas.

Beberapa waktu lalu sebelum SPBU itu beroperasi tidak terjadi kemacetan di wilayah itu, sehingga para pengendara meminta agar pihak berwenang bisa meninjau ulang SPBU tersebut. Bahkan sebelum beroperasi SPBU itu sempat menuai protes karena berada tidak jauh dari pemukiman warga.

Baca Juga  Kunker Bupati Banggai Pantau Langsung Empat Kecamatan Dalam Penanganan Covid 19

“Kita pernah protes SPBU ini karena berada dekat pemukiman warga, selain itu kita prediksi akan jadi penyebab macetnya arus lalulintas. Sekarang terjadi kemacetan sehingga kami minta agar SPBU ini izinnya ditinjau kembali,” kata Abraham salah seorang pengendara.

Tidak hanya itu, macet akibat adanya antrian di SPBU tersebut ternyata mengganggu mobil ambulance yang tengah membaca pasien ke RSUD Luwuk. Sehingganya jika tetap dibiarkan beroperasi maka tidak menutup kemungkinan kemacetan lebih parah akan terjadi.

“Kalau ada keluarga saya yang sakit kemudian mobilnya tidak bisa lewat karena macet maka akan saya permasalahkan keberadaan SPBU ini, masa karena SPBU ini jalanan macet. Pertamina ini terjadi di depan hidung kalian, mestinya ini di tinjau kembali,” kata Sofhian pengendara lainnya.

Baca Juga  Ketahanan Keluarga Berbasis Sumberdaya Pembangunan Desa

Rencananya guna mengurai kemacetan, Satlantas Polres Banggai akan dikerahkan ke SPBU Imam Bonjol ini. Hanya saja belum bisa dipastikan apakah dengan adanya polantas dilokasi itu dapat mengurai kemacetan secara permanen atau malah nantinya tetap macet. (IkB)