Satgas Covid-19 Totikum Selatan Gelar Operasi Yustisi, 10 Warga Terjaring Operasi Disanksi Bersih-Bersih Sampah

oleh -

KABAR LUWUK, BANGGAI KEPULAUAN – Upaya pencegahan penyebaran pandemi covid-19 terus dilakukan pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan. Pada Selasa (9/3/2021) Satgas covid yang terdiri dari pemerintah kecamatan Totikum Selatan, tenaga medis, TNI dan Polri menggelar operasi yustisi atau Operasi Penegakan Pendisplinan Kesehatan. Kegiatan yan digelar di kompleks pasar tradisional Desa Kalumbatan itu dipimpin langsung camat Apriyanto Pamolango.

Dijelaskan Apriyanto Pamolango, operasi itu dilaksanakan di Kompleks Pasar Tradisional Desa Kalumbatan, Kecamatan Totikum Selatan (Totsel), oleh TNI-Polri, Pemcam Totikum Selatan dan Satpol PP melalui Pos Totikum Koramil 1308-10/Salakan, Polsek Totikum dan anggota Satpol PP Kecamatan Totikum Selatan. 

“Kegiatan yang saya pimpin ini, dilakukan dalam rangka penegakan dan pendisiplinan penggunaan masker bagi para pengguna transportasi lalulintas darat yang mengunakan kendaraan bermotor roda dua  dan roda empat , para pejalan kaki, serta para pedangang dalam pasar tradisional Desa Kalumbatan,” ujar Apriyanto Pamolango, S.STP.

Adapun hasil kegiatan tersebut, dilaporkan  ada sekira 10 warga yang terjaring operasi yang terdiri dari pengguna roda dua sebanyak dua orang, pejalan kaki sebanyak dua orang, dan pedagang pasar sejumlah enam orang. Bagi pelanggar protokol kesehatan (Prokes) yang tidak memakai masker, oleh petugas lapangan memberikan/memakaikan masker kepada para pelanggar Prokes. Kegiatan yang berlangsung hingga pukul 11.30 Wita berjalan dengan lancar, aman dan kondusif.

Baca Juga  Kapolsek Toili Dampingi Bupati Banggai Apel Tim Gabungan Satgas Covid-19

Hadir dalam kegaiatan tersebut, Serma J. Ferry (Babinsa/Danpos Totikum Koramil 1308-10/Slkn), Briptu Ariel Rantu (Bhabinkamtibmas Polsek Totikum) mewakili Kapolsek Totikum, Briptu Alihum (Bhabinkamtibmas Polsek Totikum), Serda Arif Sugianto (Babinsa Koramil 1308-10/Slkn), Risno (Satpol PP Kecamatan Totikum Selatan) dan Burhan (Satpol PP Kecamatan Totikum Selatan) serta anggota staf Kecamatan Totsel.

Terkait Ops Yustisi/OPPK tersebut, oleh Camat Totsel memberikan himbauan-himbauan, antara lain para pelanggar Prokes untuk selalu menerapkan prokes sesuai Perbup  Bangkep No. 23 Tahun 2020 dengan melalui edukasi 3M yakni selalu mencuci tangan pakai sabun, memakai masker kamanpun bepergian dan selalu menjaga jarak. Para pelanggar prokes diberikan sanksi sosial oleh petugas dilapangan berupa pembersihan/mencabut rumput dan memungut sampah.

Baca Juga  Kapolsek Bulagi Gelar Patroli Ciptakan Kondisi Aman

Ops Yustisi/OPPK ini, bukan saja dilaksanakan bagi penguna berlalu lintas di jalan raya, akan tetapi dilakukan pada tempat fasilitas umum atau tempat keramaian.

“Kita lakukan kegiatan ini tidak mengenal tempat dan waktu, setiap pelanggar pastinya akan kita berikan sanksi,” tambah Camat Totikum Selatan.

Khusus kepada para pedagang baik kios maupun ruko kata Camat Totikum Selatan, agar tetap menempatkan sarana tempat cuci tangan, sehingganya para pengunjung atau pembeli, sebelum memasuki kios dan ruko dapat mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu dan tetap menggunakan masker.

Jika para pedangan tidak mengindahkan sesuai prokes, maka Satgas Covid-19 Kecamatan Totsel akan menindak dengan tegas berupa sanksi denda atau mencabut izin usaha. Dalam waktu dekat, bagi pelayan publik dan masyarakat, akan dilakukan Vaksin. Olehnya itu, bagi para pedagang untuk membantu mensosialisasikan kepada masyarakat khususnya para pembeli, dengan menyakinkan bahwa Vaksin yang akan dilaksanakan tersebut aman dan halal.

Baca Juga  PT Donggi-Senoro LNG Kembali Sumbangkan Satu Unit Bus Sekolah Kepada Pemda Banggai

“Jangan ada unsur provokasi dari para pedagang dengan cara menakuti masyarakat bahwa Vaksin tersebut tidak benar (sangat berbahaya). Jika kami dari Satgas Covid-19 Kecamatan Totsel mendapatkan adanya provokasi negatif dari pedagang atau masyarakat lainnya, maka Satgas akan menindak dengan tegas sesuai aturan undang-undang yang berlaku,” tegasnya.

Dalam kesempatan kegiatan itu, Babinsa/Danpos Totikum Koramil 1308-10/Salakan Serma J. Ferry juga menyampaikan bahwa Sinergitas TNI-Polri bersama Pemerintah Kecamatan dalam kegiatan ini akan terus digalakan.

“Kita terus mensosialisasikan serta memaksimalkan upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus corona dengan penerapan disiplin dan penegakan hukum Covid-19 di wilayah Kabupaten Bangkep, khususnya diwilayah Kecamatan Totikum Selatan,” ujar Serma Ferry. (Arman Londomi/KL)