Rusli Dg Palabbi Wakil Gubernur Terpilih Dampingi Longki

oleh -

KABAR LUWUK, Palu – Jabatan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah sudah tiga tahun kosong sejak Wagub Sudarto meninggal pada Oktober 2016. Selama ini Gubernur Sulteng Longki Djanggola berkerja sendirian tanpa pendamping. Namun pada Senin (8/7) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulteng akhirnya melaksanakan pemilihan Wagub yang berlangsung di ruang sidang utama Kantor DPRD Sulteng. Hasilnya Rusli Dg Palabbi terpilih sebagai Wagub Sulteng masa jabatan 2016-2021.

Pada pemilihan itu sebanyak 43 anggota DPRD Sulteng menggunakan hak suaranya dengan melakukan pemilihan langsung antara dua kandidat yakni Rusli Dg Palabbi dan Andi Mansur Pasande. Hasil perhitungan akhir yang disaksikan seluruh pemilih, kandidat Rusli Dg Palabbi memperoleh suara sebanyak 35 sementara rivalnya Andi Mansur Pasande hanya memperoleh 8 suara.

Baca Juga  52 KPM Desa Mamulusan Terima Bantuan BLT DD dan Bantuan Alat pertanian

Wakil Ketua DPRD Sulteng Alimudin Paada yang dimintai keterangannya menjelaskan, pemilihan Wakil Gubernur Sulteng oleh 43 legislator itu diawali tahapan persiapan pemilihan calon Wagub yang merupakan para calon diusulkan Gubernur Sulteng Longki Djanggola berdasarkan partai pengusung pasangan Longki’s yang dilanjutkan dengan dilanjutkan tahap penyampaian visi dan misi oleh dua calon wakil gubernur, pemungutan suara, penghitungan suara dan penandatanganan berita acara hingga penetapan yang rencananya akan segera diparipurnakan.

Rusli Dg Palabbi yang merupakan anggota DPRD Provinsi Sulteng, usai dinyatakan memperoleh suara terbanyak pada pemilihan itu mendapat sambutan dan ucapan dari rekan legislator lainnya. Kepada seluruh legislator saat itu Wagub terpilih menyampaikan rasa terimakasih atas kepercayaan kepada dirinya untuk menjabat sebagai Wagub mendampingi Longki Djanggola. (ikb)