Respon Cepat Kapolres Perintahkan Salurkan Bantuan Banjir

oleh -

KABAR LUWUK, Luwuk – Bencana banjir yang melanda empat kecamatan diwilayah Kabupaten Banggai mematik reaksi simpati berbagai pihak. Kapolres Banggai AKBP Moch Sholeh langsung memerintahkan Kapolsek Batui dan Kapolsek Toili segera menyalurkan bantuan kepada warga yang sangat membutuhkan uluran tangan. Hal itu diungkap Kapolres Banggai kepada media ini Jumat (19/7) saat berada di Palu.

Kepada media ini, AKBP Moch Sholeh mengatakan, dirinya telah menghubungi Kapolsek Batui, Kapolsek Toili serta Kapolsek Nuhon untuk segera melakukan pendataan serta menyalurkan bantuan kepada warga yang tertimpa musibah banjir. Perintah itu jelas Kapolres Banggai langsung direspon tiga polsek jajaran Polres Banggai. Bahkan saat ini bantuan berupa air bersih, makanan siap saji serta sembako sudah tersalurkan kepada warga.

“Saya sudah perintahkan salurkan segera bantuan, saya bilang umur kita tidak menunggu makanya sebisa mungkin agar secepatnya bantuan disalurkan. Alhamdulilah mereka bergerak cepat sehingga bantuan bisa segera tersalurkan,” terang perwira dua melati ini.

Baca Juga  Penyaluran Bantuan Langsung Tunai ( BLT-DD ) Tahap IV dan V Tahun 2021 di Desa Sambiut

Terkait Polsek Nuhon, diperintahkan untuk segera melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat agar akses jalan khususnya dijembatan Tobelombang bisa diperbaiki agar akses jalan bisa normal kembali. Selain itu diperintahkan agar Kapolsek Nuhon terus memantau pergerakan air serta melakukan himbauan kepada masyarakat yang tinggal dibantaran sungai agar waspada.

Khusus Polsek Batui dan Polsek Toili diperintahkan juga melakukan pendataan secara detail warga terdampak bencana banjir termasuk nilai kerugian akibat bencana banjir. Selain Polres Banggai berikut data bantuan yang tersalurkan dalam bencana banjir. PMI disalurkan di Kecamatan Moilong, Dinsos satu truk bantuan sudah disalurkan, Dikbud empat truk, BPBD berupa tandon air, Polres menyusul lagi bantuan kedua berupa 100 Dos air mineral ditambah sembako.

Baca Juga  Kapolres Banggai Pimpin Upacara Pemakaman Wakapolres Almarhum Kompol Reki Hendra Lumintang

Kodim 1308/LB meluncurkan tenda,tenaga kesehatan beserta sembako, UPT B wilayah V memberikan bantuan melalui  Dinsos. Dinas ketahanan Pangan  enam ton beras yang sudah disalurkan di Kecamatan Moilong dan Kecamatan Batui Selatan. RSUD Luwuk mie instan 50 Dos dan air mineral 50 Dos, TPHP 50 dus Supermi, Disnak 50 rak telur, bantuan  DLH berupa mie instant, air mineral dan popok bayi. Dinkes berupa bantuan obatan dan sembako dan terakhir Dinas perdagangan berupa bantuan mie instan dan air mineral.

Hingga saat ini belum ada data detail jumlah warga terdampak termasuk nilai kerugian akibat bencana banjir di Banggai. Hanya saja air yang menggenangi empat kecamatan di Kabupaten Banggai sudah berangsur surut. (ikb)