Pulang Berwisata Ke Luar Negeri Empat Warga Banggai Jadi ODP

oleh -

KABAR LUWUK, BANGGAI – Empat warga Kabupaten Banggai yang baru pulang berwisata ke Thailand saat ini statusnya Orang Dalam Pemantauan (ODP). Sampai saat ini tercatat ada sekira 721 warga negeri gajah putih terinfeksi corona virus covid19. Berdasarkan laporan kunjungan ke rumah ODP yang dilakukan petugas medis itu belum menemukan adanya gejala yang mengindikasikan covid19. Mereka lantas diminta untuk mengisolasi diri selama 14 hari kedepan dan akan terus dipantau kondisi kesehatannya.

Empat ODP berinisial AF, SK, RR dan MD melakukan perjalanan wisata ke luar negeri pada 11 Maret 2020 dengan rute perjalanan Luwuk – Manado – Singapura (transit/ganti pesawat) – Thailand. Mereka diketahui mengunjungi sejumlah tempat wisata yang ada di Bangkok dan kembali ke Kabupaten Banggai pada 19 Maret 2020. ODP AF berdasarkan hasil pemeriksaan, suhu tubuhnya 35,8 °C, sedangkan SK yang merupakan istri AF suhu tubuhnya 36,9 °C. Untuk ODP RR suhu tubuhnya 37,5 °C dan MD belum sempat diukur suhu tubuhnya karena yang bersangkutan langsung pulang ke Kecamatan Toili Barat.

Ke empat warga Kabupaten Banggai ini masuk dalam ODP karena memiliki riwayat bepergian ke sejumlah wilayah yang terpapar virus corona. Hanya saja sampai saat ini belum ditemukan adanya indikasi covid19.

Baca Juga  Nadiem: Rekrutmen Guru Honorer Jadi ASN PPPK 2021 Resmi Dibuka

Dimintai keterangannya AF mengatakan, hingga saat ini kondisi kesehatannya dalam keadaan baik. Dia bersama istrinya tengah mengisolasi diri selama beberapa hari kedepan dan akan kembali melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Alhamdulilah masih sehat wal afiat, iya mengamankan diri saja supaya tidak jadi carita di luaran. Nanti hari ke tujuh mau periksa lagi,” katanya melui pesan Whatsapp.

Sampai saat ini tercatat ada enam ODP yang kesehatannya terus dipantau pihak terkait. Warga diminta tetap mematuhi anjuran dan himbauan pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran covid19 di wilayah Kabupaten Banggai. (IkB)