Polsek Banggai Laut Himbau Masyarakat Gunakan Masker Saat Berada di Pasar

oleh -

KABAR LUWUK, BALUT – Upaya menanggulangi penyebaran pandemi corona virus disease (covid-19) di Kabupaten Banggai Laut senantiasa dilakukan Polsek Banggai Laut. Pada Sabtu (16/5/2020) sekira pukul 14.00 wita Kapolsek Balut AKP Karel A Paeh, SH melaksanakan patroli dialogis menyasar sejumlah fasilitas umum seperti pasar. Di tempat itu Kapolsek Balut bersama jajarannya memberikan imbauan agar masyarakat wajib menggunakan masker apabila terpaksa keluar rumah.

Dijelaskan AKP Karel A Paeh, sebagai bagian dari tim gugus percepatan pencegahan covid-19 Kabupaten Banggai Laut pihaknya senantiasa melaksanakan kegiatan pemberian imbauan agar masyarakat wajib memakai masker bila memasuki pasar. Bahkan Kapolsek Balut menegaskan agar warga yang tidak menggunakan masker tidak diperbolehkan masuk pasar.

Baca Juga  Desa Paisumosoni Salurkan Bantuan BLT DD Tahap Ke Dua

“Kita tadi mengimbau agar masyarakat pakai masker jika keluar rumah terutama ke pasar, jika tidak maka jangan diperbolehkan masuk ke pasar. Demikian juga para pedagang wajib menggunakan masker,” terang perwira tiga balak ini.

Penggunaan masker kata Karel A Paeh bisa mengurangi dampak dari penyebaran corona yang menyebar melalui percikan air liur saat orang terkonfirmasi positif bersin atau batuk. Olehnya itu makser dapat mencegah orang tertular corona.

Polsek Balut kata Karel A Paeh bersama tim gugus tugas covid-19 akan terus melakukan imbauan itu, termasuk membubarkan masyarakat yang tetap berkumpul serta tidak menjaga jarak pada masa pandemi ini.

Sejauh ini kepatuhan masyarakat di Kabupaten Banggai Laut masih rendah, hanya saja Karel A Paeh yakin jika masyarkat diberikan pemahaman terus menerus maka dengan sendirinya akan tersadar. Pada saatnya Polsek Balut bersama tim gugus tugas covid-19 akan melakukan upaya persuasif berupa tindakan tegas dan terukur kepada masyarakat yang tidak mau mengindahkan imbauan dan anjuran pemerintah.

Baca Juga  Bulog Banggai Mulai Salurkan Beras PPKM

“Secara perlahan kita akan melakukan tindakan tegas dan terukur jika masyarakat tidak mau mengindahkan apa yang telah pemerintah tetapkan, saya yakin masyarakat juga akan sadar jika senantiasa kita berikan pemahaman,” tambah mantan Kasat Reskrim Polres Banggai ini.

Sejumlah warga khususnya yang berada di Pasar Banggai Laut sangat mendukung apa yang dilakukan Polsek Banggai Laut. Hal itu tentu saja bertujuan agar masyarakat khususnya yang ada di Balut terhindar dari pandemi corona. Pada akhir penyampaiannya AKP Karel A Paeh berpesan masyarakat tetap mengikuti anjuran dan imbauan pemerintah, menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan tetap melaksanakan pola hidup bersih dan sehat. (IkB)