PGRI Cabang Totikum Gelar Konferensi Pemilihan Pengurus Masa Bakti 2021-2025

oleh -

KABAR LUWUK, BANGGAI KEPULAUAN – Menjadi wadah berhimpun dan menyalurkan aspirasi para guru atau tenaga pengajar, PGRI Cabang Totikum, Kabupaten Banggai Kepulauan pada Sabtu (6/3/2021) menggelar konferensi pemilihan pengurus masa bakti 2021 – 2025. Kegiatan yang digelar di Balai Latihan Masyarakat Dea Sambiut, Kecamaran Totikum berjalan dengan pedoman protokol kesehatan.

Kegiatan yang di hadiri Ketua PGRI Kabupaten Bangkep, Irwan K Bidul, S.Pd, Camat Totikum Irwan Mayang, SH, Kapolsek Totikum yang diwakili Bhabinkamtibmas Briptu Ariel Rantu Sampewai, Ketua Pengurus PGRI Cabang Totikum H Lasri Ladjuma, S.Pd itu dimulai sejak pukul 09.20 wita.

Konferinsi itu digelar karena selama beberapa tahun belakangan ini, adanya pengurus lain yang mengundurkan diri tanpa alasan, sehingga diharapkan dengan adanya konferensi pemilihan pengurus PGRI Cabang Totikum ini dapat memperbaiki dan meningkatkan program yang lama/.

Baca Juga  Polres Palu Amankan Pelaku pencurian HP di 35 TKP

Iran K Bidul pada sambutannya mengatakan, berdasarkan AD/ART PGRI Pusat diamanahkan setiap lima tahun di setiap tingkatan digelar pemilihan pengurus. Bagi guru honorer kata Ketua PGRI Bangkep ini, untuk segera melaksanakan Perpal Ijazah, agar supaya perekrutan P3K dapat tercover. Berkaitan dengan adanya isu di Bangkep diantaranya persoalan gaji dapat disampaikan bahwa gaji tersendat disebabkan belum adanya penetapan APBD Kabupaten Bangkep 2021 sampai sekarang.

“Jika sampai tanggal 15 bulan berjalan, APBD belum selesai maka sistem penggajian akan menggunakan aplikasi lama yaitu SIMDA dengan sitem manual, namun akan menggunakan Dana Silva tahun 2020. Ketika akan melakukan penggajian, maka guru yang pertama yang akan di gaji,” katanya.

Baca Juga  Malam Ini, Bantuan Oksigen IMIP Grup Menuju Palu

Berkaitan dengan sertifikasi, bahwa jumlah guru di Kabupaten Bangkep saat ini sebanyak 1.300an namun yang tersertifikasi baru banyak 500an guru. Kendati demikian bagi yang belum tersertifikasi akan mendapatkan tunjangan sebesar Rp250.000 dengan syarat harus berpendidikan minimal S1.

Dalam waktu dekat ini berdasarkan rencana pusat tentang Perekrutan PNS di bidang Guru, Kabupaten Bangkep akan mendapatkan jatah 300 orang. Sehingga nantinya PGRI Kabupaten Bangkep akan membantu melakukan pelatihan untuk seleksi nantinya.

Camat Totikum Irwan Mayang pada kesempatan itu menyebutkan, PGRI menjadi wadah atau corong untuk menjadi saran kesuksesan guru khususnya di Kecamatan Totikum. Anggota PGRI wajib pro aktif dalam kegiatan di desa terutama memberikan saran dan pemikiran untuk dapat menggali potensi guru.

Baca Juga  Jaga Kehandalan Operasi, DSLNG Laksanakan Vaksinasi Kedua

Berdasarkan hasil konferensi para hari itu, terpilihlan pengurus PGRI Cabang Totikum tahun 2021-2025 dengan susunan sebagai berikut :

Ketua                  : RUSDIYANTO TATENKENG, S.Pd.

Wakil Ketua        : H. MUH. QOSOM, S.Ag.

Sekretaris           : HARMAN, S.Pd.

Wakil Sekretaris : AKMAL HATTA, S.Pd.

Bendahara          : FAIZAH T. ISRAIL, S.Pd.I

Dengan terpilihnya pengurus PGRI Cabang Totikum itu diharapkan menjadi wadah penyaluran aspirasi guru dan memperjuangkan peningkatan kesejahteraan guru di wilayah Kecamatan Totikum maupun  kepada Pemda Kabupaten Bangkep.

Sekaligus wadah silaturahmi antar guru baik tingkat SD, SMP/MTS, dan SMA/MA di wilayah Kecamatan Totikum. Menyangkut masalah gaji, kiranya senantiasa berkoordinasi dengan pengurus PGRI Kabupaten Bangkep nantinya dalam keterlambatan pembayaran gaji, diharapkan para guru tidak melakukan protes yang berlebihan kepada Pemda. (Arman Londomi/KL)