Perkuat Ketahanan Pangan, Lani Istri Babinsa Kodim 1308/LB Hasilkan Ubi Super

oleh -

KABAR LUWUK, BANGGAI – Lani Pelia, SP., M.Si yang merupakan salah satu anggota Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) XXII Kodim 1308 Luwuk Banggai yang kini telah berhasil melakukan penelitiannya dalam menghasilkan buah ubi yang besarnya dua kali lipat dari ubi induknya, serta menghemat bahan ubi dengan memotong-motongnya sebesar singkong goreng yang dapat tumbuh.

Hal ini berawal dari keprihatinannya terhadap warga Banggai Laut yang daerah tersebut seharusnya banyak tumbuh subur tanaman ubi, namun lahan tersebut justru tidak dipergunakan dengan baik. Padahal mulanya, ubi ini merupakan makanan pokok bagi warga Banggai Laut yang dapat sebagai pendapatan ekonomi warga Banggai Laut yang luar biasa jika hasilnya dapat dikirimkan ke luar kota.

Menurut pengakuannya, saat di wawancarai melalui selular, Selasa (11/8/20), Lani Pelia, SP., M.Si mengatakan, sejak Desember 2018 hingga Juli 2019 ia memulainya dengan membuka lahan dengan menanani ubi sebanyak 1400-an buah ubi. Kemudian mulai dikembangkannya pada Januari-Juli 2020.

Baca Juga  Ketahanan Keluarga Berbasis Sumberdaya Pembangunan Desa