Perketat Pelabuhan, Kapolsek Batui bersama Tim Satgas Gugus Covid-19 Lakukan Pemeriksaan Penumpang Kapal

oleh -

KABAR LUWUK, BANGGAI – Upaya pencegahan penyebaran covid-19 di wilayah hukum Polsek Batui senantiasa dilaksanakan menggandeng pihak terkait dalam hal ini tim satgas gugus tugas covid-19 kecamatan Bantui. Salah satu upaya yakni melakukan pengecekan dan memperketat keluar masuknya orang melalui pelabuhan laut yang ada di Kecamatan Batui. Pada Kamis (7/5/2020) IPTU I Ketut Yoga Widata, SH bersama tim satgas gugus covid melaksanakan pemeriksaan sekira 70 penumpang kapal yang hendak bersandar di pelabuhan Batui.

Diterangkan Kapolsek Batui, pada awalnya pihaknya telah menerima adanya informasi terkait tiga kapal penumpang dan barang yang akan memasuki wilayah Kabupaten Banggai tepatnya Kecamatan Batui yang mengangkut orang dari wilayah Bangkep dan Balut. Guna mengantisipasi terjadinya penyebaran pandemi pasca satu orang di Bangkep yang ditetapkan positif corona itu maka Polsek Batui lalu melakukan pemeriksaan seluruh penumpang kapal.

Baca Juga  Jaga Kehandalan Operasi, DSLNG Laksanakan Vaksinasi Kedua

“Iya saat ini kita tengah melakukan pemeriksaan tiga unit kapal yang hendak bersandar di pelabuhan Batui setelah mengangkut barang dan penumpang dari wilayah Bangkep dan Balut. Para kapten kapal kita suruh bediam diri dulu di tengah laut guna dilakukan pemeriksaan oleh tim gugus tugas covid-19 terhadap seluruh ABK dan penumpang kapal, sebelum akhirnya kita perbolehkan kapalnya bersandar di pelabuhan,” kata IPTU Ik Yoga Widata.

Kegiatan dalamrangka Operasi Aman Nusa II untuk upaya pencegahan penyebaran covid-19 di wilayah hukum Polsek Batui itu memeriksa tiga kapal barang dan penumpang yang baru datang dari Kabupaten Bangkep.  ketiga Kapal tersebut yakni Kapal Khaerun Jaya, Kapal Nayang Kita dan Kapal Wijaya Batui.

Ketiga kapal tersebut mengangkut penumpang dan barang dari Kabupaten Bangkep  meliputi Lalengan Kecamatan Bulagi Selatan hingga Kecamatan Lobangkurung, Kabupaten Balut. Adapun tim gugus Covid-19 yang turut dalam pemeriksaan kapal itu kata Kapolsek Batui yakni Camat Batui, Kepala Puskesmas Batui bersama lima medis Puskesmas Batui dan Lurah Bugis juga Ketua MUI Kecamatan Batui.

Baca Juga  RSUD Trikora Salakan Akan Melaksanakan Pemusnahan Penghapusan Perbekalan Farmasi

Tim Covid-19 medis melakukan pemeriksaan terhadap penmpang yang diduga terpapar Virus Corona dengan cara melakukan pemeriksaan suhu badan dan mendata asal dan tujuan penumpang. Satgas Covid 19 Kecamatan Batui juga melakukan edukasi terhadap penumpang kapal tentang cara pencegahan covid-19.

“Mereke kita lakukan pemeriksaan suhu tubuh serta kita imbau agar menggunakan masker dan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir, tidak berkumpul-kumpul, memberikan informasi jika terdapat warga yang baru datang dari luar wilayah sesuai dengan riwayat perjalanan, tidak mudik sehingga bisa memutus rantai penyebaran virus covid 19, termasuk membacakan Maklumat Kapolri serta surat keputusan bersama pemerintah Kabupaten Banggai,” jelas perwira dua balak ini.

Baca Juga  Cegah Penyebaran Covid-19, PEP Donggi Matindok Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Sejumlah Pusat Keramaian

Terhadap penumpang Kapal yang tidak menggunakan masker, tim Satgas Covid-19 Kecamatan Batui memberikan imbauan untuk menggunakan masker untuk mencegah menyebarnya wabah covid 19. Selain itu Polsek Batui juga melakukan pemeriksaan  dengan sasaran DPO, Narkoba, Sajam, Handak dan Miras.

“Jumlah penumpang ketiga kapal yang didata oleh Covid 19 yakni sebanyak 71 orang, Penumpang yang di data rata-rata mempunyai suhu di bawah 37 derajad celcius. Tidak ditemukan adanya Handak, DPO, Miras, Sajam, dan barang yang berbahaya,” pungkas mantan Kapolsek Pagimana ini.

Pemeriksaan pada hari itu berjalan aman dan lancar, warga sekitar pelabuhan sangat mendukung adanya upaya pencegahan itu dan berharap seluruh penumpang yang akan masuk ke pelabuhan Batui sebaiknya diperiksa. (IkB)