Pastikan Keamanan Kapolres Cek Kendaraan Angkutan Umum

oleh -

KABAR LUWUK, Luwuk – Memastikan kendaraan layak jalan dan layak operasi menjadi tugas Dinas Perhubungan dan Kepolisian Lalulintas. Untuk menjamin keamanan dan keselamatan penumpang umum itu, Rabu (12/6) Kapolres Banggai AKBP Moch Sholeh bersama jajaran Dishub memeriksa sejumlah kendaraan di Terminal Boyou.

Kapolres Banggai saat itu mengecek kendaraan yang terparkir diterminal dan memeriksa kelayakan ban angkutan umum antar desa antar kecamatan. Kepada para pengendara didampingi pihak Dishub itu AKBP Moch Sholeh meminta agar kendaraan yang ban mobilnya telah aus untuk bisa segera diganti. Pasalnya salah satu penyebab kecelakaan yakni ban mobil pecah yang dapat membahayakan penumpang dan supir kendaraan umum itu.

“Saya himbau agar kendaraan yang ban mobilnya aus segera diganti, ini bisa membahayakan pengendara dan penumpangnya. Jangan nanti sudah terjadi kecelakaan baru mau mencari alasan dan penyebabnya, sebaiknya diganti,” terang perwira dua melati ini.

Baca Juga  Malam Ini, Bantuan Oksigen IMIP Grup Menuju Palu

Bahkan kepada petugas Dishub yang ditugaskan di Terminal Boyou saat itu Kapolres Banggai meminta agar kendaraan yang memang tidak layak beroperasi terutama ban yang aus untuk tidak diberangkatkan. Para pengendara yang tidak mau mengindahkan himbauan itu kata Kapolres kendaraannya akan dikenakan Tindakan Langsung (Tilang) bahkan kendaraannya terancam dibawa ke Mapolres Banggai.

“Jika memang tidak layak jalan dan operasi untuk tidak diberangkatkan, jangan nanti sudah kejadian baru saling menyalahkan. Itu kendaraan yang ban mobilnya aus ganti segera kalau tidak mau kita akan tindak karena ujungnya bisa membahayakan nyawa. Satu lagi saya ingatkan agar tidak membawa penumpang dan barang melebihi kapasitan kendaraan karena bisa menyebabkan lakalantas,” ungkapnya sembari mengecek mobil angkutan umum.

Baca Juga  Apresiasi Dedikasi yang Luar Biasa, TNI AL Beri Penghargaan Bidan Awanthy Pangas

Langkah yang diambil Kapolres Banggai itu mendapat apresiasi sejumlah warga yang kebetulan berada di Terminal Boyou. Menurut warga seharusnya secara berkala dilakukan pengencekan seperti itu oleh Dishub dan Polantas, pasalnya angkutan umum yang mengangkut penumpang sangat rentan akan kecelakaan jika hal sepele seperti ban dibiarkan gundul. (ikb)